Sore Ini, Pimpinan DPR Akan Terima Surpres Calon Panglima TNI
Ketua DPR Puan Maharani (tengah) didampingi Wakil Ketua DPR Korpolkam Azis Syamsuddin (kiri) serta Wakil Ketua DPR Korinbang (kanan) Rachmat Gobel pada Senin 3 Februari 2020. (dok DPR)

Bagikan:

JAKARTA - Surat Presiden (Surpres) calon Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa akan diterima DPR pada sore ini, Senin 28 November. Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno akan menyerahkan Surpres tersebut langsung kepada Ketua DPR Puan Maharani.

"Untuk penyampaian surpres calon Panglima TNI oleh Mensesneg dijadwalkan hari ini jam 16.00. Akan diterima oleh Ketua dan pimpinan DPR," ujar Sekjen DPR Indra Iskandar, Senin, 28 November.

Sebagaimana diketahui, surpres calon panglima TNI batal diterima pada Rabu, 23 November lantaran Ketua DPR Puan Maharani masih berada Pnom Penh, Kamboja. Puan sendiri menjadi delegasi DPR untuk menghadiri 43th General Assembly of ASEAN Interparliamentary (AIPA).

Indra memastikan, meski penyerahan surpres diundur, hal tersebut tidak melanggar undang-undang.

"Itu masih dimungkinkan tidak menyalahi aturan, karena walaupun panglima TNI pensiun tanggal 21 tapi dalam aturan batas usia pensiun kan itu juga bisa sampai di akhir bulan, ya, sampai tanggal 30," katanya, Rabu, 23 November.

Dari informasi yang beredar, Presiden Joko Widodo disebut-sebut mengusulkan KSAL Laksamana TNI Yudo Margono untuk menjadi calon panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa yang akan memasuki masa pensiun pada Desember mendatang.