Banjir Jakarta Hari Ini Sudah Surut
Seorang warga menggunakan payung menerobos lebatnya hujan di kawasan Kotabaru, Yogyakarta. (ANTARA-Noveradika)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat titik genangan yang sempat merendam sejumlah ruas jalan dan banjir di beberapa RT di Jakarta telah surut pada sore ini.

"BPBD mencatat hingga Kamis, 17 November pukul 16.30 WIB, seluruh genangan di wilayah DKI Jakarta sudah surut," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangannya, Kamis, 17 November.

Sebelumnya pada pukul 12.00 WIB, sebanyak 3 ruas jalan dan 7 RT terendam banjir hingga 25 sentimeter akibat hujan deras disertai angin kencang pada pagi hari.

Hujan hari ini juga sempat menyebabkan kenaikan status siaga Pos Cipinang Hulu menjadi Siaga 3 (waspada) serta Pos Sunter Hulu menjadi Siaga 3 (waspada).

Isnawa menguraikan, surutnya genangan dan banjir terjadi berkat upaya kolaboratif yang dilakukan oleh OPD terkait seperti BPBD, Dinas SDA, Dinas Gulkarmat, Dinas Bina Marga, Dinas Lingkungan Hidup, Satpol PP dan PPSU Kelurahan yang telah mengerahkan personel berikut dengan peralatan pendukung seperti pompa mobile dalam menyedot genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik.

Lalu, peran dari unsur masyarakat juga dilibatkan dalam upaya ini seperti pihak RT/RW, FKDM, dan tokoh masyarakat lainnya.

"BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan," ujar Isnawa.

Badan Metorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang hingga jelang malam hari masih berpotensi terjadi di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur.