Banjir Jakarta Sudah Surut
Ilustrasi hujan di Jakarta (Photo by Sabda Rhamadhoni on Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat semua titik banjir yang sempat merendam Jakarta sejak kemarin malam sudah surut pada siang hari ini.

"BPBD mencatat hingga Selasa pukul 11:30 WIB, seluruh genangan di wilayah DKI Jakarta sudah surut," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji kepada wartawan, Selasa, 29 November.

Isnawa berujar, surutnya banjir merupakan hasil upaya kolaboratif bersama lintas satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang telah mengerahkan personel berikut dengan peralatan pendukung seperti pompa mobile dalam menyedot genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik.

"Peran dari unsur masyarakat juga dilibatkan dalam upaya ini seperti pihak RT/RW, FKDM, dan tokoh masyarakat lainnya," ujar Isnawa.

Sebelumnya, pada Senin, 28 November pukul 21.00 WIB, BPBD DKI Jakarta mencatat 19 RT terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 1,5 meter.

RT tersebut tersebar di Kelurahan Cilandak Timur, Kelurahan Pesanggrahan, Kelurahan Bintaro, Kelurahan Bangka, dan Kelurahan Kedaung Kali Angke.

Banjir kemarin juga menyebabkan satu warga yang meninggal dunia saat banjir. Korban bernama Lina Maulida, usia 35 tahun, tinggal di Kelurahan Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Isnawa menjelaskan, satu korban meninggal akibat tersengat listrik karena berusahan mencabut colokan listrik yang sedang terendam air.

"Tanpa sadar dan kaget korban langsung mencopot saklar yang terendam air. Korban langsung tegeletak dan tersengat aliran listrik,” kata Isnawa.

Korban langsung dibawa ke RS. Suyoto warga setempat. Di rumah sakit korban dinyatakan meninggal dunia.