Banjir di Jakarta Surut, Pengungsi Kembali ke Rumah
Ilustrasi banjir/ Irfan Meidianto-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Warga yang sempat mengungsi karena banjir di sejumlah lokasi di Jakarta saat ini sudah kembali ke rumah. Kondisi banjir sebagian besar sudah surut.

"Saat ini pengungsi sudah kembali ke rumahnya masing-masing, sehingga pos pengungsi tak lagi ditempati," kata Kepala Pusat Data Informasi (Kapusdatin) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI M. Insaf mengatakan dalam keterangannya, Selasa, 22 September. 

Sementara jumlah wilayah yang tergenang tersisa di 6 RT. Rinciannya, semua wilayah di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur telah surut. 

Sedangkan di Jakarta Utara memiliki 1 RT yang masih tergenang dengan ketinggian air 10 sampai 30 sentimeter. Sedangkan di Jakarta Barat tercatat 5 RT yang masih tergenang dengan ketinggian air 10 sampai 30 cm.

"Jalan yang tergenang juga sudah surut seluruhnya," kata Insaf.

Sebelumnya, pada siang tadi, masih terdapat satu ruas jalan yang tergenang, dari delapan ruas jalan se-Jakarta yang tergenang akibat hujan deras tadi malam.

"Jalan yang masih tergenang pada pukul 12.00 WIB berada di Jalan Perumahan Green Garden Blok N10A, Kedoya Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, dengan ketinggian air 10 sentimeter," ujar Insaf.

Dinas Lingkungan Hidup (LH) turut menerjunkan 45 petugas untuk mengangkut sampah di 3 aliran sungai dan kali setelah hujan yang mengakibatkan banjir.

Kepala Dinas LH DKI Andono Warih menyebut, pengangkutan sampah dilakukan di Pintu Air Manggarai Jakarta Pusat, Banjir Kanal Barat Season City Jakarta Barat, dan Jembatan Kampung Melayu Jakarta Timur. "Petugas di Pintu Air Manggarai sebanyak 20 orang, di BKB Season City 15 orang, dan di aliran Kali Ciliwung Jembatan Kampung Melayu 10 orang," kata Andono.