VIDEO: Banjir Rendam Permukiman Warga di Kebon Pala Jaktim
DOK VIDEO/VOI

Bagikan:

JAKARTA - Sungai Ciliwung di kawasan Kebon Pala, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, kembali meluap hingga mengakibatkan puluhan rumah warga terendam banjir. Banjir mulai melanda permukiman warga di bantaran Sungai Ciliwung sejak Minggu 7 November,.

Banjir tersebut datang secara mendadak tanpa adanya pemberitahuan dari pemerintah setempat. Sehingga warga panik ketika harus mengevakuasi barang berharganya.

Banjir tersebut memiliki ketinggian air bervariasi, mulai 50 cm hingga 100 cm. Banjir di daerah cekungan ini berasal dari kiriman air di sektor hulu Sungai Ciliwung, yakni di Bogor, Jawa Barat.

Terbaru, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI mengatakan banjir yang sempat menggenang sejumlah titik di Ibu Kota seharian ini sudah surut seluruhnya.

Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) BPBD DKI M. Insaf menuturkan, berdasarkan pencatatan pukul 18.00 WIB, seluruh pengungsi sudah kembali pulang karena banjir sudah surut.

"Informasi genangan saat ini ada sudah kering seluruhnya dari 30.470 RT yang ada di DKI Jakarta. Pengungsi sudah kembali ke rumah masing-masing masing," kata Insaf dalam keterangannya, Senin, 8 November.

Diketahui, hujan dengan intensitas tinggi di Jabodetabek mengakibatkan banjir sempat menggenangi 91 RT di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan, berdasarkan pencatatan pukul 06.00 WIB hari ini.

Simak di video ini: