Jalan Kebon Jeruk Masih Tergenang Air dan 48 RT di Jakarta
Ilustrasi (Foto: Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Pusat Data Informasi (Kapusdatin) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI M. Insaf menyampaikan perkembangan info banjir dan genangan di Jakarta. 

Siang ini, kata Insaf, hanya sisa satu ruas jalan yang tergenang, dari delapan ruas jalan se-Jakarta yang tergenang akibat hujan deras tadi malam.

"Jalan yang masih tergenang berada di Jalan Perumahan Green Garden Blok N10A, Kedoya Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, dengan ketinggian air 10 sentimeter," kata Insaf kepada wartawan, Selasa, 22 September.

Dalam perkembangan penanganan banjir per pukul 12.00 WIB, saat ini masih ada 15 jiwa yang mengungsi. Pegungsi berada di satu lokasi pengungsian, yakni musala Riyadhul Saadah Kembangan Utara.

Sementara, masih ada 48 RT yang masih tergenang. Rinciannya, ada 14 RT di Jakarta Barat dengan ketinggian air 10 sampai 30 sentimeter (cm), 6 RT di Jakarta Selatan dengan ketinggian air 10 sampai 70 cm.

Lalu, ada 27 RT di Jakarta Timur dengan ketinggian air 10 sampai 70 cm, dan 1 RT di Jakarta Utara dengan ketinggian air 10 sampai 30 cm. 

"Sementara, kondisi di Jakarta Pusat sudah surut sejak pukul 08.00 WIB," ungkapnya.

Lebih lanjut, Dinas Lingkungan Hidup (LH) turut menerjunkan 45 petugas untuk mengangkut sampah di 3 aliran sungai dan kali setelah hujan yang mengakibatkan banjir.

Kepala Dinas LH DKI Andono Warih menyebut, pengangkutan sampah dilakukan di Pintu Air Manggarai Jakarta Pusat, Banjir Kanal Barat Season City Jakarta Barat, dan Jembatan Kampung Melayu Jakarta Timur.

"Petugas di Pintu Air Manggarai sebanyak 20 orang, di BKB Season City 15 orang, dan di aliran Kali Ciliwung Jembatan Kampung Melayu 10 orang," kata Andono.