Banjir Jakarta Sudah Surut Seluruhnya Malam Ini, Pengungsi Pulang ke Rumah
ILUSTRASI/ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI mengatakan banjir yang sempat menggenang sejumlah titik di Ibu Kota seharian ini sudah surut seluruhnya.

Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) BPBD DKI M. Insaf menuturkan, berdasarkan pencatatan pukul 18.00 WIB, seluruh pengungsi sudah kembali pulang karena banjir sudah surut.

"Informasi genangan saat ini ada sudah kering seluruhnya dari 30.470 RT yang ada di DKI Jakarta. Pengungsi sudah kembali ke rumah masing-masing masing," kata Insaf dalam keterangannya, Senin, 8 November.

Diketahui, hujan dengan intensitas tinggi di Jabodetabek mengakibatkan banjir sempat menggenangi 91 RT di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan, berdasarkan pencatatan pukul 06.00 WIB hari ini.

Di Jakarta Timur, banjir merendam 70 RT di Kelurahan Balekambang, Cililitan, Cawang, Bidara Cina, dan Kampung Melayu. Banjir paling tinggi hingga 2,7 meter. Sejumlah warga mengungsi.

Kemudian, banjir menggenang 21 RT di Jakarta Selatan hingga 1,6 meter. Rinciannya di Kelurahan Pondok Pinang, Pejaten Timur, Cilandak Timur, Rajawati, Pengadegan, dan Tanjung Barat.

"Kondisi genangan sedang ditangani oleh Pihak Kelurahan Setempat Bersama PPSU, Tim TRC BPBD, DSDA, Satpol PP, Tagana & Disgulkarmat ditargetkan surut dalam waktu cepat," ucap Insaf pagi tadi.

Hingga siang sampai sore, banjir masih menggenang. Pencatatan pukul 15.00 WIB, banjir masih merendam 3 RT di Jakarta Timur dengan ketinggian air sampai 50 sentimeter, dan bertambah di Jakarta Barat dengan ketinggian 60 sentimeter.

Banjir di Jakarta hari ini disebabkan curah hujan tinggi dan luapan kali akibat kiriman air dari hulu.

Sore tadi, masih ada warga yang mengungsi di aula Kantor Kelurahan Kampung Melayu dan Aula Masjid Ittihadul Ikhwan RW 008. Sampai akhirnya, malam ini banjir telah surut seluruhnya.