Korea Selatan 'Temukan' Puing Rudal Balistik Jarak Pendek Korea Utara: Tipe Jadul, Masih Pakai Bahan Bakar Cair
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un (jaket-kacamata hitam) melintas di dekat rudal balistik Korea Utara/ (Sumber: KCNA)

Bagikan:

JAKARTA - Angkatan Laut Korea Selatan berhasil menemukan dan mengangkat bagian dari rudal balistik jarak pendek Korea Utara di lepas pantainya, menunjukkan gaya senjata yang lebih tua dengan bahan bakar cair, menurut kantor berita Yonhap.

Kepala Staf Gabungan (JCS) Seoul mengatakan pada Hari Senin, penyelidikan bawah laut oleh kapal angkatan laut Korea Selatan telah menemukan puing-puing yang diyakini sebagai bagian dari rudal balistik jarak pendek (SRBM) Korea Utara yang ditembakkan pekan lalu.

Yonhap melaporkan analisis militer menunjukkan puing-puing itu tampaknya membentuk bagian bawah SRBM tipe lama atau jadul yang berbasis bahan bakar cair, mengutip sumber militer yang tidak disebutkan namanya.

Seorang pejabat di Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan tidak dapat segera mengonfirmasi laporan tersebut, tetapi militer akan merilis hasil analisisnya pada hari Selasa.

Puing-puing itu muncul setelah Korea Utara melakukan uji coba beberapa rudal, termasuk kemungkinan rudal balistik antarbenua (ICBM) yang gagal, dan ratusan peluru artileri ke laut pekan lalu, memprotes latihan udara bersama oleh Korea Selatan dan Amerika Serikat, melansir Reuters 9 November.

Diketahui, itu adalah pertama kalinya rudal balistik Korea Utara mendarat di dekat perairan Korea Selatan.

Sementara, militer Korea Utara mengatakan, peluncuran itu merupakan simulasi serangan terhadap Korea Selatan dan Amerika Serikat, mengkritik latihan mereka sebagai "latihan perang yang berbahaya dan agresif."