Bagikan:

JAKARTA - Rusia melakukan kontak dengan Arab Saudi dan Iran kata Wakil Menteri Luar Negeri Mikhail Bogdanov Hari Selasa, siap memainkan peran sebagai mediator jika Riyadh dan Teheran membutuhkan ini.

"Tentu saja, kami tetap berhubungan dengan teman-teman Saudi kami dan teman-teman Iran," kata Bogdanov, melansir TASS 8 November.

Bogdanov mengatakan hal tersebut menjawab pertanyaan, apakah Moskow melakukan kontak dengan Riyadh dan Teheran di tengah laporan Iran mungkin diduga berencana menyerang Arab Saudi.

"Dan, tentu saja, kami untuk menyelesaikan semua kesalahpahaman dan kontradiksi dalam kerangka dialog konstruktif di meja perundingan. Kami selalu siap dan benar-benar mengerahkan upaya untuk memainkan peran mediasi tertentu, jika ini diminta oleh teman-teman kami di Riyadh dan Teheran," tambahnya.

Sebelumnya, Reuters, mengutip seorang pejabat Dewan Keamanan Nasional (NSC), melaporkan Amerika Serikat prihatin dengan ancaman terhadap Arab Saudi dari Iran, siap untuk menanggapi jika perlu, dan mempertahankan kontak konstan dengan Riyadh melalui saluran militer dan intelijen.

Juru bicara NSC membuat pernyataan ini setelah The Wall Street Journal melaporkan, Arab Saudi telah berbagi intelijen dengan Amerika Serikat yang bersaksi tentang rencana Iran untuk menyerang sasaran Saudi.

Terpisah, juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanani tegas membantah rumor persiapan serangan terhadap Arab Saudi.