PPP Maluku Dukung Ganjar dan Anies Jadi Capres, Mardiono: Pada Akhirnya Harus Taat Mekanisme Pusat
Plt. Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono. (Ist)

Bagikan:

JAKARTA - Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) PPP Maluku mengumumkan mendukung dua nama untuk calon presiden (capres) dan dua lain untuk calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024.

Sokongan kepada empat nama itu berdasarkan hasil rapat pimpinan wilayah (rapimwil) DPW PPP Maluku. Menanggapinya, Plt. Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono mengatakan DPP PPP terbuka terhadap aspirasi pengurus daerah.

"Ini suara arus bawah yang disampaikan ke DPP, tetapi pada akhirnya semua harus taat asas. Apa yang sudah menjadi mekanisme pusat harus dijalankan,” ujar Mardiono dalam siaran persnya, Jumat, 4 November.

Mardiono menegaskan aspirasi dari kader terkait usulan nama capres dan cawapres merupakan masukan berarti yang pasti ditampung. Namun, dia menegaskan keputusan akhir tetap berada di DPP PPP.

“Ini lagi-lagi bukan keputusan, baru pikiran kader yang bisa jadi mengemuka juga di kalangan masyarakat. Namanya pesta demokrasi, maka semua warga memiliki hak yang sama,” katanya.

Sementara, Ketua DPW PPP Maluku A. Aziz Hentihu menyatakan, akan patuh dan solid terhadap keputusan DPP PPP. Dia meyakini, DPP PPP tidak akan sembarangan dalam memutuskan nama yang akan diusung sebagai capres dan cawapres 2024.

“Tadi mengemuka nama-nama, namun sifatnya hanya usulan. Keputusan DPP pasti akan melewati banyak aspek pertimbangan, tidak hanya satu wilayah lokal, tetapi menjangkau kepentingan nasional dan bangsa Indonesia,” kata Aziz.

Aziz menyampaikan, menghadapi Pemilu 2024, DPW PPP Maluku bersama DPP PPP terus memantapkan soliditas di bawah kepemimpinan Mardiono. Dia berharap PPP dapat mengejar target ketika Pemilu 2024 digelar.

"Apa pun keputusan DPP kemudian dibawa ke KIB, maka kami patuh dan taat. Sebab, saat ini kami sedang memantapkan solidaritas yang harus betul-betul dijaga karena pemilu 13 bulan lagi,” kata Aziz.

Sebelumnya, DPW PPP Maluku menggelar rapimwil pada Kamis, 3 November, malam. Hasil rapimwil tersebut memunculkan dua nama capres dan dua nama cawapres yang didukung DPW PPP Maluku untuk kontestasi pesta demokrasi lima tahunan.

Adapun dua capres yang didukung DPW PPP Maluku adalah Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, serta dua cawapres Muhamad Mardiono atau Erick Thohir.