Tepuk Tangan untuk KPU Kota Depok, Terbaik Urusan Perencanaan Logistik Pemilu 2024
Ketua KPU Depok Nana Shobarna (ANTARA/Foto: Feru Lantara)

Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan KPU Kota Depok, Jawa Barat, menjadi peringkat pertama kategori perencanaan terbaik logistik Pemilu 2024 tingkat kabupaten/kota. KPU Depok dinilai telah mempersiapkan dengan matang penyelenggaraan tahapan Pemilu 2024.

Plakat penghargaan diserahkan Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari kepada Ketua KPU Kota Depok Nana Shobarna di hadapan sekitar 1.200 orang peserta Rapat Koordinasi Persiapan Tahapan Logistik Pemilu Serentak Tahun 2024, di Bogor, 27-29 September 2022.

Logistik pemilu berupa surat suara dan lain-lain merupakan salah satu instrumen penting tahapan penyelenggaraan pemilu yang tidak boleh dianggap remeh dalam proses demokrasi lima tahunan.

Pada rakor, KPU RI menyerahkan daftar isian kepada KPU kabupaten/kota untuk menjawab berbagai persoalan logistik, soal gudang, pemetaan perlengkapan TPS dan lainnya.

Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna, mengatakan pengerjaan isian dilakukan oleh Sekretaris KPU Kota Depok dengan serius, rinci dan detail, sesuai dengan kebutuhan, tidak mengira-ngira, Sabtu 22 Oktober dikutip dari Antara.

Contohnya, daftar isian logistik pemilu 2024 mengenai luas gudang yang dibutuhkan, maka harus diisi dengan menghitung ukuran dan jumlah kotak suara, sehingga akan diketahui luas gudang yang diperlukan. Begitu juga pengisian tentang logistik lainnya yang ditanyakan KPU RI, KPU Depok mengisi dengan secara rinci.

Pengisian logistik KPU Kota Depok dengan rinci dan detail mendapat penghargaan dari KPU RI sebagai KPU tingkat Kabupaten/kota dengan perencanaan logistik terbaik.

Selain penghargaan tersebut, KPU Kota Depok juga mendapat penghargaan dalam pengelolaan logistik terbaik untuk tingkat Jawa Barat saat pelaksanaan kontestasi Pilkada Depok 2020.

Pilkada Depok 2020 dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19. Saat itu KPU Kota Depok megeluarkan kebijakan untuk mempermudah penyelenggaraan pilkada, yakni pelipatan surat suara dilakukan langsung di pabrik, karena tidak mungkin mengumpulkan ratusan orang dalam satu tempat di gudang untuk melipat surat suara di masa pandemi COVID-19.

Kebijakan KPU Kota Depok membuat pelipatan surat suara dilakukan langsung di pabrik. Hal ini kemudian diadopsi dalam pemilu 2024 mendatang seperti diungkapkan Ketua Divisi Logistik KPU RI Yulianto Sudrajat bahwa logistik pemilu 2024 akan dilakukan pelipatan surat suara di pabrik.

Jadi, KPU Kota Depok selama pelaksanaan pilkada serentak 2020, tidak menghadapi masalah dengan logistik. Tidak ada kekurangan surat suara atau logistik terkena banjir di gudang, karena hal-hal tersebut sudah diantisipasi sebelumnya.

Penghargaan yang diperoleh baik dari KPU RI maupun KPU Jawa Barat tersebut telah memotivasi KPU Depok untuk lebih meningkatkan kinerja, memaksimalkan potensi dan kemampuan yang dimiliki.

Dengan perencanaan yang baik mengenai logistik di KPU Kota Kota Depok tersebut, telah membuat KPU Kota Bandung tertarik untuk melakukan studi banding mengenai pengelolaan logistik yang baik.