Bagikan:

JAYAPURA - Pemerintah Provinsi Papua menyatakan pembangunan kantor gubernur, kantor Biro Layanan Pengadaan barang dan jasa, serta MRP dan KPU setempat sudah mencapai 89 persen. Pembangunan ditargetkan selesai pada akhir November 2022.

Asisten Bidang Umum Setda Papua Derek Hegemur mengatakan pembangunan keempat kantor tersebut merupakan bangunan monumental dan ikon Kota Jayapura, oleh karena itu diresmikan pada penghujung tahun.

"Target kami pada 27 Desember 2022 bakal diresmikan dimana sesuai arahan Gubernur Papua Lukas Enembe serta berdasarkan kesepakatan bersama antara Pemprov dan PT Pembangunan Perumahan (Persero)," kata Derek Hegemur dilansir ANTARA, Rabu, 19 Oktober. 

Menurut Derek, hingga kini prosesnya masih berjalan dengan lancar tidak ada kendal. Apalagi untuk bangunan tempat kerja gubernur dan Sekda Papua juga sudah hampir selesai begitu juga dengan ruangan-ruangan lainnya.

"Bangunan pemerintah tersebut akan memperlihatkan aspek-aspek kultur budaya Papua sehingga menjadi ciri khas bangunan yang akan dibangun," ujarnya.

Dia menjelaskan desain bangunan dibuat sangat efisien serta ekonomis, sehingga akan ada ruang khusus yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

 

Sementara itu, Project Manager di PT PP (Persero) Tbk Bima Oktriyanto mengatakan untuk gedung kantor gubernur progres susah mencapai 89 persen, dimana sudah tahap finishing details.

"Sesuai dengan kontrak pembangunan kantor gubernur Papua akan berakhir pada tanggal 31 Desember 2022," kata Bima Oktriyanto.

Menurut Bima, pekerjaan pembangunan dipercepat atas permintaan pemerintah sehingga dapat diresmikan bertepatan dengan hari lahirnya pemerintah provinsi Papua pada tanggal 27 Desember 2022 mendatang.

"Saat ini kami melakukan percepatan pekerjaan dengan menambah pekerja, total tenaga kerja sebanyak 421 orang dibagi dalam tiga shift," ujarnya.

Proses pembangunan gedung kantor gubernur yang baru dikerjakan secara multiyears (tahun jamak) dengan dana sebesar Rp393 miliar bersumber dari APBD Provinsi Papua.