Ikon Baru Olahraga Papua Melalui Stadion Lukas Enembe
Stadion Lukas Enembe (dok. Antara)

Bagikan:

JAYAPURA - Stadion Papua Bangkit telah berganti nama dan menjadi Stadion Lukas Enembe. Keberadaan Stadion Lukas Enembe disebut akan menjadi ikon baru bagi sarana olahraga masyarakat di tanah Papua. 

Momen ini pula yang menandai peresmian Papua sebagai tuan rumah penyelenggara Pekan Olahraga Nasional XX tahun 2021 mendatang. Diresmikan oleh Gubernur Papua Lukas Enembe, stadion ini dapat 42.000 penonton.

"Saya harapkan setelah Stadion Lukas Enembe menjadi saksi sejarah baru di dunia olahraga Indonesia karena Papua torang bisa menjadi penyelenggara PON XX Papua 2021," kata Gubernur Lukas Enembe pada peresmian stadion di Kampung Harapan Sentani Kabupaten Jayapura, seperti dilansir dari Antara, Sabtu, 24 Oktober.

Stadion Lukas Enembe dibangun sesuai dengan standar internasional memenuhi peraturan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) dengan luas stadion mencapai 71.697 meter persegi di atas lahan 13 hektare.

Pembangunan stadion ini telah dilakukan sejak tahun 2016 hingga 2020 dan telah menghabiskan anggaran sebesar Rp1,3 triliun yang berasal dari dana otonomi khusus dan APBN hingga APBD Provinsi Papua.

Bangunan fisik stadion itu dibangun dengan empat periode tahun anggaran dimulai sejak 2016 sebesar Rp228,6 miliar, tahun 2017 sebesar Rp447,2 miliar, tahun 2018 sebesar Rp 879,3 miliar serta pada tahun 2019 telah dianggarkan juga sebesar Rp2,2 triliun.

Sementara pada APBD 2020 anggaran untuk penyelenggaraan PON 2021 disiapkan sebesar Rp2 triliun. Sedikitnya, ada empat arena olahraga yang dibangun yakni istora Papua bangkit, arena atletik, arena kriket, dan lapangan hoki baik di dalam maupun di luar stadion.

Ia mengharapkan semua elemen masyarakat di tanah Papua untuk bersama dengan pemerintah daerah, pemerintah pusat, KONI dan panitia besar PON Papua dalam menyukseskan pesta olahraga PON XX Papua 2021.

Melalui fasiitas stadion Lukas Enembe yang telah diresmikan ini, lanjut Gubernur Lukas Enembe, warga Papua dapat membuktikan kepada masyarakat di seluruh Indonesia bahwa Papua torang bisa menjadi tuan rumah penyelenggara PON XX Papua 2021.

"Mari kita bersatu mendukung pemerintah, KONI dan PB PON sebagai penyelenggara PON Papua 2021 dengan melahirkan banyak prestasi bagi atlet dari tanah Papua,"harapnya.