Persiapan Liga 1 2020, Arema FC dan Madura United Gelar Latihan Bersama
Latihan bersama Arema FC dengan Madura United. (Dok. Liga Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Inovasi terus dilakukan sejumlah klub Liga 1 dalam menggelar latihan. Variasi dilakukan agar pemain tidak mengalami kejenuhan dengan rutinitas yang monoton.

Hal ini dilakukan Arema FC dan Madura United. Keduanya menggelar latihan bersama untuk menghilangkan kebosanan. 

Latihan bersama ini digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang. Tak hanya sekadar latihan, kedua tim juga melakoni game internal pada Rabu, 21 Oktober sore.

Dalam game itu, Arema menang dengan skor 4-3. Namun ada sedikit insiden. Pertandingan dihentikan mendadak pada menit ke-75.

Meski demikian, pelatih Madura United, Rahmad Darmawan, mendapat banyak pelajaran dari pertandingan ini. Beberapa hal yang menjadi fokusnya untuk diperbaiki jelang kompetisi Liga 1 2020.

Pria yang akrab disapa RD itu mengatakan, pemahaman pemain pelapis untuk cepat merespons tim menjadi yang utama. Dia juga memperhatikan masalah komunikasi tim.

"Positioning dan attacking juga kita perhatikan seperti apa sebelum nanti kompetisi bergulir," tutur mantan pelatih Sriwijaya FC itu.

Inovasi latihan juga dilakukan Persebaya Surabaya. Klub Jawa Timur itu lebih banyak melakukan fun game untuk menghilangkan kejenuhan. Bahkan, pelatih Aji Santoso juga menerapkan latihan rugby kepada anak asuhnya.