Bagikan:

JAKARTA - Lapas Kelas 1 Cipinang, Jakarta Timur, digeruduk ratusan orang dari berbagai organisasi massa (Ormas) di Jakarta pada Senin, 17 Oktober. Kedatangan mereka untuk menjemput Umar Ohoitenan alias Umar Kei yang baru saja bebas dari Lapas Kelas 1 Cipinang.

Menurut Abdul Fatah Pasolo, salah satu tokoh pemuda Maluku mengatakan, Umar Ohoitenan alias Umar Kei keluar penjara setelah mendapat bebas bersyarat.

"Alhamdulillah, bebas bersyarat pada hari ini, Senin tanggal 17 Oktober setelah menjalani 2/3 masa pidananya," ujar Abdul Fatah, Senin, 17 Oktober.

Bebasnya Umar Kei ini disambut baik banyak orang, terutama mereka yang aktif dalam ormas-ormas kepemudaan. Terbukti, ada ratusan pemuda yang sejak pagi sudah berkumpul di depan Lapas Cipinang untuk menjemput Ketua Forum Pemuda Muslin Maluku (FPMM).

Leo, Satgas Forum Betawi Rempug (FBR) Jakarta Timur merasa senang dan bersyukur atas pembebasan Umar Kei. Dia sengaja datang dengan puluhan anggotanya untuk memberikan support kepada tokoh pemuda Maluku itu.

"Alhamdulilah, semuanya berkat doa dari kita semua, Bang Umar bisa melalui semua ini dan bebas. Dia orangnya baik, dia tidak memandang orang lain berdasarkan ras, dia selalu merangkul. Itu kehebatan dia," katanya.

Sekretaris Daerah PPBNI Satria Banten DKI Jakarta, Tahali mengatakan, dirinya lebih dari 5 tahun mengenal Umar Kei. Menurutnya, Umar Kei adalah tokoh yang mempererat Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP) di Jakarta.

"Dari Satria Banten, persaudaraan ini tetap bisa kita rajut, bersinergi untuk kebersamaan antar OKP yang ada di Jakarta. Jangan sampai kita sebagai anak bangsa, saling berseteru," ucapnya.