Bagikan:

JAKARTA - Partai NasDem menyebutkan penjajakan koalisi dengan PKS dan Partai Demokrat hingga saat ini sudah mencapai 90 persen. Sedangkan, 10 persennya hanya tinggal mengurus hal-hal teknis. 

Namun, partai besutan Surya Paloh itu masih belum memastikan kapan koalisinya akan dideklarasikan. 

“Dengan PKS dan Demokrat, itu sudah 90 persen,” ujar Wasekjen Partai NasDem, Hermawi Taslim, Senin, 17 Oktober.  

Menurutnya, sudah ada kemajuan dalam proses kesepakatan koalisi antara NasDem, PKS dan Demokrat. Ketiganya, kata Taslim, sudah membentuk tim untuk mulai berdiskusi bersama terkait pengumuman koalisi. 

“Ketiga ini sudah bertemu, hatinya sudah bertemu. Intinya kita deklarasi presiden dulu baru yang lain-lain dibicarakan lagi,” kata Taslim. 

Senada dengan NasDem, Partai Demokrat pun juga belum dapat memastikan kapan kesepakatan ketiga partai politik itu untuk mendeklarasikan koalisinya. Meskipun, Demokrat mengungkapkan bahwa komunikasi dengan NasDem dan PKS sudah semakin intensif. 

"Seperti yang disampaikan Ketum PD AHY kemarin mengenai rencana koalisi Demokrat, NasDem, dan PKS, insyaallah komunikasinya semakin baik. Mudah-mudahan terbuka jalan untuk kita semua," ujar Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra, Senin, 17 Oktober. 

Diketahui, bakal calon presiden (bacapres) 2024 dari Partai NasDem, Anies Baswedan sebelumnya kedapatan duduk semeja dengan tiga ketua umum (ketum) partai politik, yakni Ketum NasDem Surya Paloh, Presiden PKS Achmad Syaikhu, dan Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). 

Selain 3 ketum parpol tersebut, Anies nampak semeja dengan Presiden ke-6 RI sekaligus Ketua Majelis Tinggi Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla (JK).

Potret tersebut terekam dalam acara pernikahan putri Ketua Majelis Syura PKS, Salim Segaf Aljufri di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Minggu, 16 Oktober malam.