Anies-AHY Semeja Bareng Paloh, Syaikhu, JK dan SBY, PKS: Menguatkan Rencana Koalisi Pemilu 2024
Momen Anies, AHY, Paloh, Syaikhu, JK dan SBY satu meja di acara pernikahan pada Minggu 16 Oktober malam. (Twitter @jansen_jsp)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum NasDem Surya Paloh, Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu, terekam satu meja di acara pernikahan anak kedua Ketua Majelis Syuro PKS, Salim Segaf Al Jufri.

Tak hanya itu, dalam meja yang sama duduk juga Ketua Majelis Tinggai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), politikus senior Partai Golkar Jusuf Kalla dan eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Ketua DPP PKS Bidang Polhukam Muzzammil Yusuf, mengatakan pertemuan elite parpol itu sebagai upaya membangun komunikasi secara intens memantapkan koalisi menyongsong Pemilu 2024.

"Insya Allah, semakin menguat ke depan,” ujar Muzzammil kepada wartawan, Senin, 17 Oktober.

Muzammil pun meminta restu agar tiga partai politik tersebut bisa mewujudkan koalisi untuk 2024 dengan baik dan lancar.

"Doakan saja untuk menghasilkan koalisi yang terbaik. Semoga PKS bisa membentuk koalisi untuk menghadirkan perubahan menuju perbaikan bangsa,” tuturnya.

Sebelumnya, Partai NasDem menyebutkan penjajakan koalisi dengan PKS dan Partai Demokrat hingga saat ini sudah mencapai 90 persen. Sedangkan, 10 persennya hanya tinggal mengurus hal-hal teknis.

Namun, partai besutan Surya Paloh itu masih belum memastikan kapan koalisinya akan dideklarasikan.

“Dengan PKS dan Demokrat, itu sudah 90 persen,” ujar Wasekjen Partai NasDem, Hermawi Taslim, Senin, 17 Oktober.

Menurutnya, sudah ada kemajuan dalam proses kesepakatan koalisi antara NasDem, PKS dan Demokrat. Ketiganya, kata Taslim, sudah membentuk tim untuk mulai berdiskusi bersama terkait pengumuman koalisi.

“Ketiga ini sudah bertemu, hatinya sudah bertemu. Intinya kita deklarasi presiden dulu baru yang lain-lain dibicarakan lagi,” tandasnya.