Bagikan:

JAKARTA - Eksekusi rumah yang dilakukan Satpol PP dan jajaran Pemkot Jakarta Pusat di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, berlangsung ricuh, Kamis, 13 Oktober. Penghuni rumah tetap bertahan ketika petugas gabungan datang hendak melakukan pengosongan.

Kejadian itu direkam kamera dan diunggah di akun instagram @wanda_hamidah. Rekaman video itu itu juga di mention ke akun instagram Kapolri hingga Presiden Joko Widodo.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin membenarkan adanya kegiatan eksekusi tersebut di kawasan Cikini, Menteng. Namun dirinya tidak mengetahui siapa pemilik rumah yang akan dieksekusi oleh Satpol PP itu.

"Saya tidak tahu siapa pemilik rumah di lokasi penertiban tadi (rumah wanda hamidah)," kata Kombes Komarudin kepada wartawan, Kamis, 13 Oktober.

Namun pihak kepolisian hanya bertugas melakukan pengamanan di lokasi itu.

"Tugas kami bukan eksekutor. Penertiban dilakukan oleh Pemkot Jakpus, kami (kepolisian) hanya mengamankan agar jangan sampai kegiatan itu ada campur tangan dari pihak ketiga," tegasnya.

Berdasarkan rekaman video amatir itu, terlihat sejumlah orang diluar petugas keamanan juga ikut terlibat dalam eksekusi pengosongan rumah itu.

"Orang - orang yang didatangkan dari pemilik rumah atau darimana kita menjaga itu. Tadi pantauan kita terlihat berkumpul orang yang tidak tahu keberadaan mereka, tapi berhasil kami sekat. Sehingga mereka tidak ikut campur," ujarnya.