Survei LSI Denny JA: Jika Jadi Paslon Pilpres 2024, Ganjar-Airlangga Paling Populer
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo/DOK Humas Pemprov Jateng via ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Lembaga survei LSI Denny JA merilis jajak pendapat mengenai simulasi pasangan calon presiden dan calon wakil presiden dalam Pemilu 2024.

Dalam simulasi, bila politikus PDIP Ganjar Pranowo dipasangkan dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, pasangan calon ini paling populer dibanding pasangan calon lain.

Persentase kedisukaan Ganjar-Airlangga sebesar 24,9 persen, Prabowo. Angka ini paling tinggi dibanding simulasi sejumlah tokoh pasangan calon, seperti Prabowo Subianto-Anies Baswedan sebesar 14,8 persen, Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono 13,4 persen, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 11,5 persen, dan beberapa nama lainnya dengan kedisukaan di bawah 5 persen.

“Terlihat pasangan Ganjar Pranowo dan Airlangga Hartarto adalah paket pasangan capres-cawapres yang paling banyak dipilih atau yang paling tinggi elektabilitasnya,” kata peneliti LSI Denny JA Adjie Alfaraby dalam pemaparan survei, Senin, 10 Oktober.

Begitu pula dengan elektabilitas Ganjar dan Airlangga. Jika pemilihan presiden dan wakil presiden diadakan saat ini, Ganjar dan Airlangga paling banyak dipilih yakni 31 persen. Sementara, Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar 29,6 persen. Kemudian, Anies Baswedan-Puan Maharani 14,1 persen.

Pada simulasi lainnya, Ganjar dan Airlangga juga menempati elektabilitas teratas dengan persentase 30 persen, Prabowo Subianto-Puan Maharani 23,9 persen, dan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono 22,8 persen.

“Jadi ini adalah jawaban dari responden ketika ditanya mana capres dan cawapres yang paling disukai, ini bukan yang dipilih, tapi paling disukai. Ini terlepas dari faktor penguat Artinya apakah dari faktor Ganjarnya atau faktor Airlangganya,” ungkap Adjie.

Sebagai informasi, LSI Denny JA menggelar survei ini lewat wawancara tatap muka pada 11 sampai 20 September 2022, diikuti 1.200 responden yang pada 34 provinsi di Indonesia.

Berikutnya, margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen dari asumsi simple random sampling.

 

Terkait