Anies Baswedan Dideklarasikan NasDem Jadi Capres, Puan-Airlangga Kompak Tak Khawatir
Ketum Golkar Airlangga Hartarto bersama Ketua PDIP Puan Maharani/FOTO: Wardhany Tsa Tsia-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani tak khawatir meski Partai NasDem telah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres).

Airlangga mengatakan pencalonan presiden bukan hanya sekadar deklarasi. Ada syarat ambang batas yang harus dipenuhi.

"Bagian dari demokrasi ada persyaratan untuk (partai, red) mengusung masuk parliamentary thresold," kata Airlangga kepada wartawan di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu, 8 Oktober.

"Dan ini ditegaskan baik Golkar dan PDIP duanya-duanya memenuhi syarat," sambung dia.

Sementara itu, Puan mengatakan PDIP punya mekanisme dan tata cara memutuskan calon yang akan diusung di Pilpres 2024. Mereka tak mau terburu-buru karena menunggu momentum yang tepat.

"PDI Perjuangan, setiap partai politik punya mekanisme dan tata cara memutuskan, memilih kemudian mengumumkan satu calon atau seseorang yang ingin dicalonkan," ungkapnya.

Senada dengan Airlangga, Puan juga mengingatkan mencalonkan seseorang tak boleh sembarangan dilakukan. Mekanisme pemilu, seperti kecukupan ambang batas harus diperhatikan.

"Bisa maju dalam kontestasi 2024 ya perlu satu aturan dan kesiapan dan kecukupan untuk mengusung seseorang atau calon untuk maju dalam kontestasi tersebut," tegas Ketua DPR RI itu.

"Itu merupakan salah satu proses dinamika dalam berdemokrasi," sambung Puan.

Diberitakan sebelumnya, Anies sudah dideklarasikan sebagai calon presiden Partai NasDem. Terkait hal tersebut, dia mengaku siap menjadi capres Partai NasDem di Pilpres 2024.

"Bismillah kami terima, kami siap," kata Anies usai dideklarasikan sebagai capres NasDem di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin, 3 Oktober.

Anies meyakini majunya dia sebagai capres menjadi ibadah baginya. Sehingga, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu akan terus berusaha.

"Dengan memohon doa semua, insyaallah perjalanan panjang ini tidak menjadi perjalanan yang berat tapi jadi perjalanan yang ringan," ujarnya.

"Kita siapkan ikhtiar ini sebagai ibadah," sambung Anies.