Airlangga dan Plt Ketum PPP Mardiono Bertemu, Golkar Tegaskan KIB Tetap Solid
Ketum Golkar Airlangga Hartarto bersama Plt Ketum PPP Mardiono/FOTO via Instagram airlanggahartarto_official

Bagikan:

JAKARTA - Partai Golkar menegaskan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) masih tetap solid meski diterpa isu goyah. Soliditas itu pun diungkapkan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat bertemu Plt Ketua Umum PPP Mardiono. 

Dalam postingan di akun Instagram pribadinya, Airlangga menyebut membahas beberapa hal dengan Mardiono. Termasuk soal agenda politik ke depan. 

“Sembari ngopi dan makan malam, kami berdiskusi tentang agenda-agenda sosial-politik kebangsaan ke depan, termasuk mengawal program-program nasional Presiden Joko Widodo @jokowi hingga 2024," tulis Airlangga Hartarto seperti dilihat, Kamis, 6 Oktober. 

Dikonfirmasi terkait apa yang dibahas dalam pertemuan Airlangga dan Mardiono, Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono meminta publik bersabar. Menurutnya, pembahasan akan dijelaskan setelah pimpinan ketiga parpol yang tergabung di KIB bertemu dalam waktu dekat. 

"Ditunggu saja. Akan lebih baik setelah tiga ketua umum (Golkar, PAN, PPP) bertemu. Baru ada penjelasan resmi,” kata Dave, Kamis, 6 Oktober. 

 Rencananya, PPP akan menjadi tuan rumah pertemuan KIB di Semarang, Jawa Tengah, dalam waktu dekat. Sempat dipertanyakan mengapa hingga saat ini KIB belum juga mengumumkan nama capres, bahkan diprediksi bubar lantaran salah satu partai diterpa konflik internal. 

Terkait nama capres, Dave menegaskan, sejauh ini belum ada nama yang terucap di KIB. Namun Partai Golkar, kata dia, konsisten mengajukan ketum Airlangga sebagai Capres 2024.

“Kebijakan partai tidak berubah, calon presiden kami adalah Pak Airlangga Hartarto. Semua masih sangat solid mendukung Airlangga untuk Pilpres 2024 nanti," tegas Dave Laksono.

 

PPP Tetap di KIB 

Sementara itu, Ketua DPP PPP Achmad Baidowi (Awiek), menegaskan posisi PPP tetap berada di KIB. Namun, kemungkinan posisi Mardiono sebagai koordinator KIB dari PPP akan digantikan.

"Ya tetap di KIB. Pak Mardiono sendiri kan koordinator KIB di PPP. Karena beliau sekarang menjadi ketua umum, maka koordinator KIB di PPP kemungkinan nanti akan diganti orang lain yang mengatur secara teknis," kata Awiek.

Menurut Awiek, Mardiono akan lebih fokus pada tugas sebagai ketua umum. Sedangkan yang mengatur secara teknis terkait KIB di PPP akan dilimpahkan pada kader lain. 

"Untuk menggantikan posisi Pak Mardiono sebagai koordinator KIB di PPP, karena beliau kan jadi ketua umum sekarang," pungkasnya.

Sebelumnya, beredar kabar PPP akan menggelar musyawarah kerja nasional (Mukernas) akhir 2022 atau awal 2023, yang salah satu agendanya adalah mengevaluasi posisi PPP di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Kabar tersebut telah ditepis oleh Mardiono yang menyatakan tetap berada di KIB.