Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan, hubungan ketiga partai anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) masih tetap solid meski sempat diterpa konflik internal di PPP. Meskipun, para petinggi ketiga parpol itu belum bertemu sejak Ketua Umum PPP diganti pelaksana tugas, Muhammad Mardiono.

Pengamat politik dari Universitas Veteran Jakarta, Danis T.S Wahidin, menilai belum bertemunya Mardiono dengan Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Ketum Golkar Airlangga Hartarto merupakan hak politik para petinggi parpol.  

“Perlu atau tidak Pak Mardiono komunikasi dengan KIB itu kewenangan politik dia, yang tidak bisa diintervensi. Mungkin dia ada kepentingan politik komunal untuk membawa PPP ke depan,” ujar Danis di Jakarta, Rabu, 14 September. 

Namun, Mardiono dan Airlangga masih kompak menegaskan komitmen mereka untuk tetap berada dalam koalisi. Apabila belum bertemu, kata Danis, mungkin saja Mardiono punya rencana berbeda untuk KIB. 

“Kalau Pak Mardiono belum membangun komunikasi, itu artinya dia ada rencana politik yang berbeda dengan Pak Suharso Monoarfa yang lebih pro terhadap KIB, dan memiliki fokus yang sama,“ kata Danis.

Mengenai rencana pertemuan KIB, Mardiono mengatakan, PPP akan menjadi tuan rumah sebuah pertemuan KIB yang digelar di Semarang, Jawa Tengah dalam waktu dekat.

Danis melihat, dinamika politik yang dialami PPP maupun KIB adalah sebuah kewajaran dalam proses politik dan demokrasi.

“Peta politik koalisi ini kan tidak pernah final sebelum kemudian KPU menetapkan kandidat presiden dan cawapres. Apa yang terjadi di PPP, bentuk dari dinamika internal PPP menuju Pemilu 2024. Namanya parpol tidak bisa dilepaskan dari pemilu dan kepentingan elit dan konstituen,” kata Direktur Indodata ini.

Di sisi lain, Danis memandang, disharmonisasi akan mewarnai berbagai dinamika-dinamika yang mungkin bakal menemukan titik ekuilibrium. 

“Titiknya adalah koalisi figur-figur penting yang memiliki daya elektoral untuk kemudian masuk dalam kontestasi politik kebangsaan yaitu pemilu 2024,” kata Danis.

Sementara, Ketua DPP Golkar Dave Akbarshah Fikarno atau Dave Laksono menegaskan, pergantian ketua umum di PPP tidak mempengaruhi soliditas KIB. 

Menurutnya, dalam waktu dekat ini Golkar, PPP dan PAN akan mengadakan kegiatan bersama. Bahkan kata dia, tuan rumahnya adalah PPP. 

"Tidak ada hubungan. Nanti akan ada kegiatan KIB kalau enggak salah di Solo," kata Dave.