Di Stadion Kanjuruhan, Jokowi Sempat Tanya Ketum PSSI: Pertanyaannya, Kenapa Sih Sampai Gerbang 3 Enggak Dibuka?
Presiden Joko Widodo (Foto: BPMI Setpres)

Bagikan:

MALANG - Presiden Jokowi sempat melempar pertanyaan kepada Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat mengunjungi Stadion Kanjuruhan, Malang. Jokowi kebingungan melihat salah satu gerbang di stadion ini yang terkunci ketika kepanikan sudah melanda.

"Pertanyaannya, kenapa sih sampai 3 nggak dibuka, itu loh," kata Jokowi, Rabu 5 Oktober.

Jokowi memang menyempatkan diri datang ke stadion --saksi bisu tragedi terburuk sejarah sepak bola Indonesia-- untuk mendapatkan gambaran lapangan tentang peristiwa tanggal 1 Oktober.

Jokowi menaruh harapan besar kepada Tim Gabungan Independen Pencari Fakta yang diketuai Menko Polhukam Mahfud MD untuk bisa mendapatkan secara utuh penyebab utama dari tragedi 1 Oktober di Stadion Kanjuruhan, Malang.

"Tetapi sebagai gambaran tadi saya melihat bahwa problemnya ada di pintu yang terkunci dan juga tangga yang terlalu tajam, ditambah kepanikan yang ada. Tapi, itu saya hanya melihat lapangannya. Tetapi nanti semuanya akan disimpulkan oleh Tim Gabungan Independen Pencari Fakta," beber dia lagi.

Menurut Jokowi, harus ada evaluasi sangat total dalam pelaksanaan pertandingan. Semua sektor akan dicek ulang.

"Baik manajemen pertandingan, manajemen stadion, manajemen penonton, manajemen waktu, manajemen pengamanan, semuanya harus dievaluasi total, agar peristiwa yang terjadi di Stadion Kanjuruhan ini tidak terjadi lagi. Jelas semuanya," tandasnya.