Anies Ungkap Jakarta Recycling Center Kurangi 10 Persen Sampah Jakarta ke Bantargebang
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Diah Ayu/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi pusat edukasi sadar sampah Jakarta Receycling Center (JRC) di Kecamatan Pesanggarahan, Jakarta Selatan. Pembangunan JRC telah dilakukan sejak tahun 2018 dan ditargetkan selesai pada bulan Desember mendatang.

Anies menuturkan, JRC berperan untuk mereduksi sampah rumah tangga dengan kontribusi pengurangan pengangkutan sampah Jakarta sebesar 10 persen ke Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang.

"Menurut catatan yang ada, pengurangan sampahnya sejauh ini 10 persen. Nah, ini harus diteruskan. 10 persen is a good beginning. Kami berharap ini bisa dituntaskan fasilitas yang sekarang sedang dibangun di Pesanggrahan ini. Harapannya, nanti bulan Desember sudah bisa selesai," kata Anies di lokasi, Rabu, 5 Oktober.

Dengan adanya JRC, Anies berharap ada peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemilihan sampah, perubahan mekanisme, pengangkutan sampah terpilah dan terjadwal, pemerosesan sampah mudah terurai serta bahan daur ulang.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menyatakan, JRC mampu melahirkan sebuah paradigma baru ketika sisa sampah bisa digunakan menjadi sesuatu hal yang bermanfaat.

"Sekarang kita mengedepankan sebuah model pengolahan sampah terpadu untuk mengurangi jumlah sampah yang masuk ke TPA. Model ini memang paradigma baru, karena ada peran masyarakat partisipasi dalam memulai dari pemilahan sampah. Kemudian, ada perubahan mekanisme pengangkutan sampah yang sudah terpilah dan terjadwal. Lalu, ada proses daur ulang sampah," jelasnya.

Sejauh ini, sudah ada 13 persen dari rumah tangga di Jakarta yang konsisten melakukan pemilahan sampah. Anies meminta capaian tersebut harus ditingkatkan dengan mengubah kebiasaan pembuangan sampah dengan memilah dan pengangkutan sampah yang terjadwal.

Sebagai informasi, pusat edukasi Jakarta sadar sampah ini mengintegrasikan pemilahan sampah di sumber, pengelolaan sampah B3 Rumah Tangga, TPS 3R, Pusat Daur Ulang, Biokonversi Maggot BSF, dan Komposting.