Inggris Ungkap Koin Baru Bergambar Raja Charles III, Libatkan Pematung  Martin Jennings
Koin Raja Charles III. (Twitter/Royal Family)

Bagikan:

JAKARTA - Koin Inggris pertama yang menampilkan gambar Raja Charles III telah diresmikan oleh Royal Mint, dengan potret raja baru menghadap ke arah yang berlawanan dengan mendiang ibunya, Ratu Elizabeth II, sesuai dengan tradisi.

Gambar baru akan muncul pada koin 50 pence, yang akan mulai beredar dalam beberapa bulan mendatang, dan juga pada koin peringatan 5 pound yang juga menampilkan dua potret baru Ratu Elizabeth II di sisi sebaliknya.

Sejak monarki dipulihkan pada tahun 1660 setelah 10 tahun republik Oliver Cromwell, sudah menjadi tradisi bagi raja untuk menghadap ke arah yang berlawanan dengan pendahulunya pada koin.

Charles III secara pribadi menyetujui potret resmi, yang menunjukkan dia menghadap ke kiri dan dilakukan oleh pematung Inggris Martin Jennings. Gambar itu dikelilingi oleh prasasti Latin yang diterjemahkan sebagai "Raja Charles III, oleh Rahmat Tuhan, Pembela Iman".

"Potret itu dipahat dari foto Raja dan terinspirasi oleh patung ikonik yang menghiasi koin Inggris selama berabad-abad," kata Jennings, melansir Reuters 30 September.

raja charles iii
Koin Raja Charles III. (Twitter/Royal Family)

"Ini adalah karya terkecil yang pernah saya buat, tetapi sangat memalukan mengetahui bahwa itu akan dilihat dan dipegang oleh orang-orang di seluruh dunia selama berabad-abad yang akan datang," sambungnya merendah.

Ratu Elizabeth meninggal pada 8 September dalam usia 96 tahun setelah 70 tahun bertakhta. Sekitar 27 miliar koin dengan gambarnya sedang beredar dan akan tetap sah karena secara bertahap dihapus dari waktu ke waktu.

"Saat kita berpindah dari era Elizabeth II ke era Carolean, ini merupakan perubahan terbesar pada koin Inggris dalam beberapa dekade dan untuk pertama kalinya banyak orang melihat patung yang berbeda," terang Kevin Clancy, direktur The Royal Mint Museum.

Selain koin, Inggris akan secara bertahap melihat uang kertas dan perangko bergambar Raja Charles III, sementara sandi raja baru juga akan muncul di gedung-gedung pemerintah dan kotak pilar surat merah.

Ketika negara itu mulai beradaptasi dengan kepala negara barunya yang pertama selama 70 tahun, pembuat mata uang dan perangkonya mengatakan mereka akan memulai proses yang lambat untuk beralih dari menggunakan gambar mendiang Ratu Elizabeth ke raja baru.

raja charles iii
Koin Ratu Elizabeth II. (Twitter/Royal Family)

"Koin pertama bergambar Raja Charles III akan memasuki peredaran sesuai dengan permintaan dari bank dan kantor pos," ujar Anne Jessopp, Chief Executive Officer di Royal Mint.

"Ini berarti koin Raja Charles III dan Ratu Elizabeth II akan beredar bersama di Inggris selama bertahun-tahun yang akan datang," sambungnya.

Demikian juga, Bank of England mengatakan uang kertas dengan potret Charles diharapkan mulai beredar pada pertengahan 2024, dan itu akan mengungkapkan gambar uang kertas yang diperbarui pada akhir tahun.

Sementara itu, Royal Mail mengatakan, gambar mendiang ratu saat ini yang digunakan pada perangko, akan diperbarui untuk menampilkan gambar Charles. Perangko baru itu akan memasuki sirkulasi setelah stok saat ini habis.

raja charles iii
Cypher Charles III. (Twitter/Royal Family)

Dikatakan, semua mata uang dan perangko yang ada dengan gambar ratu akan tetap berlaku.

Istana Buckingham juga telah meluncurkan sandi baru untuk Charles,  sovereign's monogram yang digunakan pada dokumen negara, oleh departemen pemerintah dan oleh Rumah Tangga Kerajaan untuk surat prangko serta muncul di kotak pilar.

Sandi, yang dipilih oleh raja baru dari serangkaian desain yang disiapkan oleh College of Arms, terdiri dari inisial 'C' dan 'R' - mewakili nama Charles dan "Rex", bahasa Latin untuk raja - di samping penggambaran mahkota.

"Keputusan untuk mengganti sandi akan menjadi kebijaksanaan masing-masing organisasi, dan prosesnya akan bertahap," terang Istana Buckingham.