Bank of England Umumkan Desain Uang Kertas Baru Inggris: Tampilkan Raja Charles III, Beredar Tahun 2024
Uang kertas baru Inggris. (Sumber: Bank of England)

Bagikan:

JAKARTA - Lama dinantikan, Bank of England akhirnya mengungkap desain uang kertas baru Inggris yang menampilkan gambar raja baru, Raja Charles III.

Bank of England mengatakan potret raja akan menjadi satu-satunya perubahan pada desain uang kertas polimer plastik pecahan £5, £10, £20 dan £50.

"Uang kertas itu akan mulai beredar pada pertengahan 2024," kata Bank of England, melansir The National News 20 Desember.

Gambar Raja Charles III akan muncul di bagian depan uang kertas, serta di jendela keamanan tembus pandang, jelas pihak Bank of England.

Kendati telah menerbitkan uang kertas plastik dengan gambar raja baru, uang lama yang menampilkan Ratu Elizabeth II masih diterima sebagai alat pembayaran yang sah.

"Masyarakat dapat terus menggunakannya seperti biasa," sebut Bank of England.

Mengikuti panduan kerajaan untuk meminimalkan dampak lingkungan dan keuangan dari perubahan tersebut, uang kertas baru dicetak tidak dalam jumlah banyak.

Artinya, bank hanya akan mencetak uang kertas baru untuk menggantikan uang kertas yang sudah usang, dan bila perlu untuk meningkatkan peredaran uang kertas.

uang kerta baru inggris
Uang kertas baru Inggris. (Sumber: Bank of England)

"Uang kertas yang menampilkan Ratu Elizabeth II dan Raja Charles III akan beredar bersama," jelas bank tersebut.

"Saya sangat bangga, bahwa bank merilis desain uang kertas baru kami yang akan memuat potret Raja Charles III," ungkap Gubernur Bank of England Andrew Bailey.

"Ini adalah momen penting, karena dia adalah raja kedua yang ditampilkan di uang kertas kami," lanjutnya.

"Orang-orang akan dapat menggunakan uang kertas baru ini saat mereka mulai beredar pada tahun 2024," tandas Bailey.

Diketahui, koin nominal lima puluh pence yang menampilkan gambar Raja Charles III mulai beredar bulan ini, dengan 4,9 juta koin didistribusikan di 9.452 cabang Kantor Pos di seluruh negeri.

Uang kertas Bank of England pertama yang menampilkan potret Ratu Elizabeth II adalah uang kertas £1 yang diterbitkan pada tahun 1960. Ini diikuti oleh uang kertas 10 shilling pada tahun 1961.