Anies Makin Sering Pamer Peluncuran Program Jelang Akhir Jabatan, Wagub DKI: Memang Sudah Waktunya
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/DOK Instagram aniesbaswedan

Bagikan:

JAKARTA - Jelang akhir jabatan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan semakin sering meluncurkan atau meresmikan program Pemprov DKI. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjelaskan hal itu dilakukan karena memang sudah waktunya.

Dalam artian, program-program yang telah melewati perencanaan tersebut memang sudah waktunya untuk diluncurkan.

"Memang waktunya selesai bulan ini. Masak, diresmikannya bulan kemarin atau bulan depan? Selesainya bulan ini, ya (diresmikan) bulan ini. Sesuai dengan waktu yang ada," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis, 22 September.

Sementara di sisi lain, Riza mengungkapkan masih banyak juga program Pemprov DKI yang masih belum diluncurkan atau diresmikan.

"Kan masih banyak program-program yang belum diresmikan," tambahnya.

Dalam waktu berdekatan, Anies sebelumnya sudah meresmikan sejumlah infrastruktur. Di antaranya, peresmian 1.348 unit rumah DP Rp0 Menara Kanaya Nuansa Cilangkap dan Menara Swasana Nuansa Pondok Kelapa, Jakarta Timur, pada 8 September lalu.

Kemudian, pada 10 September, Anies meresmikan pembangunan 33 unit rumah pada Kampung Susun Kunir yang dihuni warga korban penggusuran Sungai Ciliwung era mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Selanjutnya pada 10 September, Anies membuka kembali kawasan Kota Tua yang telah direvitalisasi. Kemarin, Minggu, 18 September, Anies meresmikan Taman Literasi Martha Tiahahu, yakni ruang baca dan berkreativitas di kawasan Blok M, Jakarta Selatan. Lalu, pada Kamis, 22 September, Anies meresmikan sejumlah pasar yang telah direvitalisasi.

Anies sebelumnya menyebut masa-masa sebelum jabatannya berakhir sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 16 Oktober nanti merupakan masa panen. Artinya, sekitar satu bulan sebelum masa jabatan sebagai DKI 1 berakhir, Anies kerap meluncurkan program-program yang telah dia rencanakan selama menjabat.

Salah satu contohnya, Anies akan meresmiakn Jakarta International Climbing Wall Park di kawasan Cakung, Jakarta Timur. Sarana olahraga panjat tebing seluas 7.998 meter persegi ini telah dibangun sejak tahun 2019.

Anies menyebut Jakarta International Climbing Wall Park sebagai fasilitas olahraga panjat tebing terbaik di Indonesia.

"Ini fasilitas yang ada sekarang, fasilitas baru. Fasilitas yang dikatakan tadi, menurut teman-teman federasi panjat tebing, terbaik se-Indonesia. Makanya saya bilang, ini kan masa panen, nih, satu-satu. Benar kan? Panen, dong," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 19 September.