Perdana, Kapal Tak Berawak Bersenjata Turki Ikut Latihan Bersama NATO
AUSV Marlin. (Twitter/@DefenseMirror)

Bagikan:

JAKARTA - Kapal permukaan tak berawak bersenjata Turki (AUSV) akan digunakan dalam latihan NATO yang akan datang, menjadi platform pertama Turki yang diwakili dalam latihan militer aliansi.

Namanya AUSV MARLIN, diproduksi lewat kerja sama Sefine Shipyard dan perusahaan pertahanan Aselsan di bawah kepemimpinan Presidency of Defense Industries (SSB).

Dengan produk ini, Turki akan melakukan tugas-tugas khusus dalam klasifikasinya sendiri, seperti pengintaian dan pengawasan bawah air serta permukaan, intelijen, peperangan elektronik, deteksi dan identifikasi target, hingga dukungan untuk operasi amfibi dalam latihan NATO, mengutip Daily Sabah dari TRT Haber 15 September.

Saat menjalankan semua misi ini, MARLIN akan menunjukkan pada platform internasional, kemampuan untuk bekerja sama dengan elemen angkatan laut berawak.

Platform, yang panjangnya sekitar 15 meter (49 kaki), memiliki kemampuan penting yang terkait dengan peperangan permukaan, peperangan bawah air, peperangan elektronik (EW) dan operasi asimetris.

MARLIN, yang mewujudkan kemampuan kapal perang, bahkan bisa menjadi platform perang angkatan laut yang dapat digunakan lebih fleksibel daripada kapal perang di beberapa titik.

Sistem EW saat ini di MARLIN adalah yang pertama di dunia, juga AUSV pertama yang membawa sistem EW.

Ini akan dapat melakukan EW dari platform permukaan tak berawak, dengan cara yang tidak dapat digunakan pada platform berawak. Pakar menganggap kemampuan ini sebagai pengubah permainan dan pendekatan yang sangat inovatif.

Mempertimbangkan kemampuan perang angkatan laut lainnya yang direncanakan akan dimiliki oleh MARLIN, dikatakan bahwa AUSV akan mengubah konsep dan doktrin perang angkatan laut.

Untuk amunisi, Kuzgun yang diluncurkan dari udara dan dikembangkan oleh Turki, dapat ditembakkan dari platform ini. Juga amunisi laut-ke-darat.

Diketahui Marlin akan ambil bagian bersama hampir 100 kendaraan terapung, terbang dan menyelam tak berawak, dalam latikan 'Dynamic Messenger 2022' yang digelar di Portugal akhir September.