Bagikan:

JAKARTA - Perangkat lunak simulasi, pengujian, dan pelatihan TDLSim (Tactical Data Link Simulator) besutan Turki yang dirancang untuk memastikan pertukaran informasi yang aman di antara tautan data taktis sistem militer, berhasil menjalankan tugasnya dalam latihan NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara), menyelesaikan serangkaian pengujian.

MilSOFT, yang menyediakan solusi berbasis perangkat lunak untuk industri pertahanan Turki, berpartisipasi dalam latihan interoperabilitas digital terbesar NATO, CWIX 2024 yang diadakan di Pusat Pelatihan Pasukan Gabungan NATO di Bydgoszcz, Polandia Juni lalu, melalui produk TDLSim melalui Komando Angkatan Udara.

Selama latihan, produk TDLSim melakukan serangkaian aktivitas dalam domain tautan data taktis (TDL).

Sebagai bagian dari aktivitas Jaminan dan Verifikasi Interoperabilitas Koalisi, acara integrasi dilakukan oleh NATO untuk memastikan interoperabilitas sistem negara-negara anggota, termasuk pengujian interoperabilitas.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menunjukkan sistem yang terhubung ke jaringan NATO dan melakukan operasi gabungan dengan NATO memiliki fungsi yang kompatibel dengan standar NATO dan sistem NATO lainnya.

cwix 2024
CWIX 2024. (Sumber: NATO Allied Command Transformation)

Sistem yang berhasil menyelesaikan pengujian ini dievaluasi sebagai sistem yang mampu bergabung dengan jaringan NATO dan melakukan operasi gabungan jika diperlukan, dilansir dari Daily Sabah 1 Agustus.

Kegiatan ini dianggap sebagai acara sertifikasi yang diselenggarakan oleh NATO untuk sistem TDL.

Selama kegiatan tersebut, TDLSim berhasil menyelesaikan 146 pengujian dan memperoleh laporan kompatibilitas untuk berbagai fungsi. Dalam skenario operasi gabungan, peran seperti pesawat peringatan dini dan kontrol udara, pesawat tempur, peran dan tugas rudal diasumsikan.

Sebagai hasil dari tugas-tugas ini, TDLSim memperoleh pengakuan dari peserta Turki dan asing.

Pelaksanaan kemampuan rudal yang didukung jaringan disorot sebagai kemampuan yang signifikan oleh koordinator udara skenario untuk general Turki dan asing selama CWIX 2024.

cwix 2024
CWIX 2024. (Sumber: NATO Allied Command Transformation)

Sepanjang CWIX 2024, berbagai pengujian berhasil diselesaikan dengan sistem dari NATO, Belanda, Spanyol, Ceko, Yunani, Rumania, dan negara serta organisasi lain.

Diketahui, TDLSim dikembangkan sebagai perangkat lunak simulasi, pengujian dan pelatihan untuk tautan data taktis yang digunakan oleh sistem militer, untuk bertukar informasi secara aman di antara mereka sendiri.

Tautan data taktis, yang penting untuk operasi gabungan sistem tempur seperti pesawat militer, kapal, kendaraan udara tak berawak (UAV), dan rudal, disimulasikan oleh TDLSim untuk meningkatkan kesiapan sistem ini untuk operasi.

Selain itu, TDLSim dapat berpartisipasi dalam latihan dengan menghubungkan ke jaringan data taktis nyata dan melakukan tugas yang diperlukan.

Misalnya, ia dapat memberikan perintah ke sistem komando dan kontrol untuk meluncurkan rudal dari jet tempur F16/F-35 dan mengarahkan rudal ke targetnya, baik di lingkungan nyata maupun virtual.

TDLSim, yang juga dapat digunakan untuk unit pelatihan seperti sistem komando dan kontrol, pesawat, dan rudal, menyediakan peluang untuk analisis tautan data taktis.

Termasuk NATO Link-11, Link-16, Link-22, Joint Range Extension Applications Protocol (JREAP), Standard Interface for Multiple Platform Link Evaluation (SIMPLE) dan banyak standar tautan data taktis lainnya, TDLSim memungkinkan virtualisasi semua elemen jaringan Link-16 dan perangkat kerasnya.

Perangkat lunak TDLSim dikembangkan oleh MilSOFT sebagai produk dalam negeri. Ini secara aktif digunakan oleh Komando Angkatan Darat Turki, Komando Angkatan Udara Turki, Aselsan, TÜBITAK SAGE, Angkatan Udara Azerbaijan dan Angkatan Bersenjata Pakistan.