Bagikan:

JAKARTA - Ibu Negara Olena Zelenska mengatakan, pengiriman kapal perang jenis korvet Kelas Ada buatan Turki akan memastikan keamanan wilayah Ukraina, saat menghadiri peluncuran korvet Hetmen Ivan Vyhovskyi (F-212) pekan ini.

"Kami memahami pentingnya keamanan lebih dari siapa pun. Korvet ini akan memastikan keamanan wilayah bersama kami, laut bersama negara-negara kami. Kami tidak hanya membela diri sendiri tetapi juga prinsip hidup berdampingan secara damai bagi semua orang. Jadi, kapal ini merupakan langkah selanjutnya di jalur ini," kata ibu negara Olena Zelenska, melansir situs kepresidenan Ukraina 3 Agustus.

Peluncuran yang dilakukan pada Hari Kamis tersebut berlangsung di galangan kapal Turki, dihadiri oleh Menteri Pertahanan Ukraina Rustem Umerov.

Dikatakan, kehadiran kapal ini akan meningkatkan kemampuan Ukraina melindungi kepentingan nasionalnya tidak hanya di Laut Hitam dan Laut Azov tetapi juga di Laut Mediterania dan Samudra Atlantik.

olena zelenska
Ibu Negara Ukraian Olena Zelenska saat menghadiri peluncuran korvet Kelas Ada (Sumber: President.gov.ua)

Istri Presiden Ukraina juga mengunjungi korvet pertama yang dibangun di Turki, "Hetman Ivan Mazepa (F-211)," yang saat ini sedang menjalani uji coba laut.

Dalam kesempatan tersebut, Ibu Negara Ukraina juga bertemu dengan awak kapal dan memberi lukisan karya Natalia Pavlusenko berjudul "Hetman Ivan Mazepa."

"Semoga keberanian dan kepahlawanan Hetman Ivan Mazepa menginspirasi Anda untuk membela Tanah Air kita, dan semoga jiwanya melindungi dan menjaga Anda," kata Ibu Negara Olena Zelenska.

Dikutip dari Daily Sabah, pengumuman peluncuran itu dilakukan saat Kyiv meratifikasi perjanjian perdagangan bebas (FTA).

Kapal perang jenis korvet Kelas Ada besutan Turki biasanya memiliki kemampuan untuk menyerang pesawat, kapal permukaan dan kapal selam.

"Korvet 'Hetman Ivan Vyhovskyi' dan 'Hetman Ivan Mazepa,' yang dibangun di Turki, dilengkapi dengan senjata canggih dan akan menjadi tambahan penting bagi armada kami, meningkatkan kemampuan pertahanan Ukraina," cuit Menhan Umerov di X.

Diketahui, Ukraina memesan dua korvet Turki berdasarkan perjanjian yang ditandatangani pada tahun 2020 lalu.