Pemimpin dan Bangsawan Dunia Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II, Polisi London: Operasi Perlindungan Terbesar dalam Hampir 200 Tahun
Ilustrasi polisi London. (Wikimedia Commons/Ibex73)

Bagikan:

JAKARTA - Kepolisian London mengatakan pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II akan menjadi operasi keamanan terbesar yang pernah dilakukan, ketika presiden, perdana menteri, bangsawan hingga tokoh internasional menghadiri pemakaman raja Inggris terlama pada Senin mendatang.

Pemakaman Ratu diperkirakan akan menarik ratusan ribu orang ke jalan-jalan London, menggemakan peristiwa penting lainnya dalam sejarah Inggris, termasuk penobatannya pada tahun 1953, pemakaman mantan Perdana Menteri Winston Churchill pada tahun 1965 dan kematian Putri Diana pada tahun 1997.

Stuart Cundy, Wakil Asisten Komisaris Polisi Metropolitan London mengatakan, pasukan sedang mempersiapkan antisipasi berbagai peristiwa mulai dari ancaman terorisme hingga protes dan penghancuran massa.

Dia mengatakan, pasukannya akan mengerahkan jumlah perwira terbesar di jalan-jalan kota dan operasi perlindungan terbesar bagi para pemimpin dunia dan bangsawan dalam hampir 200 tahun sejarah kepolisian, dengan petugas dari hampir setiap pasukan di negara itu dikerahkan.

Di antara petugas spesialis yang bertugas adalah penyelam, pawang anjing, polisi berkuda, pengendara sepeda motor, petugas senjata api dan petugas perlindungan dekat, yang akan menjaga para pemimpin dan anggota keluarga kerajaan dari seluruh dunia.

Presiden AS Joe Biden dan Presiden Prancis Emmanuel Macron adalah di antara tamu paling terkenal dari luar negeri yang telah mengonfirmasi bahwa mereka akan hadir.

polisi london
Ilustrasi polisi London. (Wikimedia Commons/Traumrune)

Cundy mengatakan, operasi kepolisian besar-besaran akan melampaui acara kepolisian besar lainnya di London, termasuk Olimpiade 2012 dan perayaan pada Bulan Juni untuk Platinum Jubilee Ratu, yang merayakan 70 tahun dia di atas takhta Inggris.

Untuk memberikan gambaran skala operasi, Cundy mengatakan 22 mil (36 km) penghalang telah dikerahkan di pusat kota London untuk membantu mengendalikan massa.

"Sama sekali tidak ada yang sebanding dengan operasi kepolisian kami minggu ini, dan khususnya pada Hari Senin untuk pemakaman kenegaraan," kata Cundy kepada Reuters, seperti dikutip 16 September.

"Ini akan menjadi operasi kepolisian terbesar yang pernah dilakukan polisi Met dan saya pikir kemungkinan besar akan dilakukan," tandasnya.

Operasi polisi akan diawasi oleh Mark Rowley, yang pada minggu pertama menjabat sebagai kepala polisi London setelah bergabung kembali dengan pasukan yang sebelumnya menjabat sebagai pemimpin nasional untuk kontra-terorisme.

Polisi London sejauh ini telah melakukan 34 penangkapan menjelang pemakaman, tetapi tidak satupun dari mereka terkait dengan protes. Ada kritik bahwa di Skotlandia polisi terlalu keras dalam menangani mereka yang menyuarakan keberatan.

"Orang punya hak untuk protes. Tanggapan kami akan proporsional, seimbang, dan petugas kami hanya akan mengambil tindakan jika benar-benar diperlukan," kata Cundy.

Tim De Meyer, asisten kepala polisi dari Polisi Lembah Thames, yang akan bertanggung jawab atas operasi kepolisian di Windsor di mana ratu akan dibawa dari London untuk dimakamkan, mengatakan masyarakat akan menghadapi pemeriksaan ala bandara.

"Perencanaan kontingensi kami mempertimbangkan berbagai macam skenario yang berbeda yang mencakup segala sesuatu mulai dari serangan teror hingga aktivitas kriminal hingga lonjakan massa dan penghancuran," tandas Cundy.