Rusia Bangun Perisai Sanitasi, Presiden Putin: Lindungi dari Ancaman Biologi
Presiden Rusia Vladimir Putin. (Sumber: Kremlin.ru/TASS/Sergey Bobylev)

Bagikan:

JAKARTA - Tujuan utama dari perisai sanitasi yang dibangun Rusia, untuk melindungi orang-orang dari kemungkinan ancaman biologi di masa depan, kata Presiden Vladimir Putin.

"Di antara prioritas adalah menciptakan apa yang disebut sebagai perisai sanitasi negara kita. Tujuan utamanya adalah untuk melindungi warga Rusia dari kemungkinan ancaman biologi masa depan," ujar Presiden Putin, dilansir dari TASS 15 September.

"Implementasi proyek ini akan membuat diagnosis infeksi menjadi cepat dan mudah diakses," sambung Presiden Putin.

Dengan begitu, lanjut Presiden Putin, akan memungkinkan untuk mendiagnosis infeksi yang tidak diketahui dalam sehari, jelasnya.

Para ahli percaya sistem pengujian untuk mendeteksi perisai sanitasi, dapat dikembangkan dalam waktu empat hari.

"Saya yakin Anda pasti akan menyelesaikan semua tugas ini, semua tugas yang terkait langsung dengan peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup warga kita," ujar Presiden Putin kepada staf Federal Service for Surveillance on Consumer Rights Protection and Human Wellbeing.

Diketahui, otoritas Rusia berencana menggunakan teknologi kecerdasan buatan, guna menganalisis situasi epidemiologis terkait dengan pembangunan perisai sanitasi.

Kepala Federal Service for Surveillance on Consumer Rights Protection and Human Wellbeing Anna Popova mengatakan, kecerdasan buatan dipakai untuk membuat sistem analisa epidemiologis.

Secara keseluruhan, menurut dia, perisai sanitasi atau sanitary shield akan memiliki empat area operasi utama, terkait dengan situasi pandemi yang terjadi.

"Kami memasukkan empat area yang saling terkait dalam proyek Sanitary Shield yang akan memastikan: pertama, peringatan efektif, kedua, deteksi dini, ketiga, respons cepat terhadap tantangan yang muncul, dan keempat, kontrol yang dekat dan efektif atas semua objek dan faktor lingkungan," paparnya.