PKS Berharap Hubungan dengan NasDem dan Demokrat Bisa Segera Sah
Mardani Ali Sera (dok Anies-Sandi via PKS)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengakui partainya sudah saling dekat dengan Partai NasDem dan Demokrat. Namun, dia belum dapat memastikan kapan koalisi ketiga partai itu akan dideklarasikan.

Mardani, hanya mengungkap harapannya agar PKS, NasDem dan Demokrat segera berjodoh membentuk koalisi untuk Pemilu 2024.

"Ya PKS dekat dengan Nasdem dan Demokrat. Semoga ada jodoh bertiga," ujar Mardani kepada wartawan, Kamis, 8 September.

Terkait NasDem bakal mendeklarasikan Gubernur Anies Baswedan pada November mendatang, Mardani menyebut PKS juga dekat dengan sosok mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

"Mas Anies dekat dengan PKS," katanya.

Namun apakah PKS juga akan ikut mendukung Anies menjadi Capres 2024, Mardani menegaskan pihaknya menunggu keputusan Dewan Majelis Syura.

"Nanti Majelis Syura PKS akan umumkan. Insyaallah akhir tahun," kata Mardani.

Sebelumnya, Partai NasDem memberi sinyal akan mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) 2024. Diketahui, Anies merupakan salah satu dari tiga nama capres yang direkomendasikan pada Rakernas NasDem beberapa waktu lalu.

Rencananya, NasDem bakal mendeklarasikan Anies pada 10 November 2022 atau bertepatan dengan Hari Pahlawan.

Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya, pun memastikan Anies Baswedan siap diusung partainya. Hanya saja, kata Willy, keputusan deklarasi mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu bergantung pada kesepakatan NasDem dengan partai pengusung lainnya.

"Ya pasti (Anies siap, red) lah. Kalau enggak mau gimana caranya. Tapi tentu itu suatu hal yang dinamis kalau ada kesepakatan. Sekarang kesepahaman sudah ada, tinggal kesepakatan aja," ujar Willy, Kamis, 8 September.

Willy mengatakan, saat ini NasDem masih intens berkomunikasi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Demokrat. "Sejauh ini komunikasi yang dibangun dengan Partai PKS dan Demokrat," katanya.