NasDem Beri Sinyal Deklarasikan Anies Baswedan Jadi Capres 2024 Saat Hari Pahlawan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menemui Ketua DPP Partai Nasdem Surya Paloh di Markas NasDem pada Rabu 24 Juli 2019 (Antara-Fauzi)

Bagikan:

JAKARTA - Partai NasDem memberi sinyal akan mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) 2024. Anies merupakan satu dari tiga nama kandidat capres yang direkomendasikan pada Rakernas NasDem beberapa waktu lalu.

Rencananya, NasDem bakal mendeklarasikan Anies pada 10 November 2022 atau bertepatan dengan Hari Pahlawan.

"Ya pasti (Anies siap, red) lah. Kalau enggak mau gimana caranya," ujar Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya, Kamis, 8 September.

Hanya saja, Willy mengatakan kepastian deklarasi mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menjadi capres bergantung pada kesepakatan NasDem dengan partai pengusung lainnya.

"Tapi tentu itu suatu hal yang dinamis kalau ada kesepakatan. Sekarang kesepahaman sudah ada, tinggal kesepakatan aja," ujarnya.

Willy menyebutkan, saat ini NasDem masih intens berkomunikasi dengan PKS dan Demokrat. "Sejauh ini komunikasi yang dibangun dengan Partai PKS dan Demokrat," katanya.

Meski begitu, Willy juga tidak menutup kemungkinan apabila nanti justru Ganjar Pranowo atau Andika Perkasa yang akan dideklarasi sebagai capres. Sebab, kata dia, nama capres tergantung kesepakatan partai politik pengusung.

"Bisa jadi Anies, atau bisa jadi pasangannya yang lain. Kan tergantung kesepakatan aja nanti. Kalau partai-partai yang tiga itu bersepakat Anies, Anies. Kalau sepakat Ganjar, Ganjar. Kalau sepakat Andika, Andika. Tentu tidak lari dari tiga nama," tandasnya.