Demokrat, PKS dan NasDem Berharap Punya Sekretariat Perubahan, Padahal Belum Deklarasi Koalisi
Kunjungan Anggota DPP Partai NasDem Ahmad ke Sekber Gerindra-PKB, Jakarta Pusat, Kamis (26/1/2023). (ANTARA/Melalusa Susthira K.)

Bagikan:

JAKARTA - Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai NasDem berharap punya sekretariat bersama yang dinamai Sekretariat Perubahan untuk mendukung kerja sama politik diantara ketiga partai. 

Padahal Demokrat, PKS dan NasDem hingga saat ini belum juga mendeklarasikan koalisinya. Komunikasi ketiganya justru nampak alot. 

Pembentukan Sekretariat Perubahan ini diusulkan oleh Demokrat dan disambut baik oleh PKS. Juru bicara DPP PKS M Kholid, menyebutkan pembentukan sekretariat ini bisa dijadikan sebagai bentuk persiapan menuju deklarasi bersama tiga partai dalam rangka mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (capres) 2024. 

"Kami berharap, hal tersebut akan semakin memperkuat soliditas dan kebersamaan serta memperkuat komitmen kerja sama koalisi antar tiga partai," ujar Kholid, Kamis, 26 Januari.

Kholid menilai, selama ini sudah terbentuk tim kecil koalisi perubahan yang menggodok kesepakatan penting dalam bakal koalisi ini. Dia berharap, sekretariat bersama ini mampu menunjang kerja dari tim kecil tersebut.

"Tim kecil tersebut sudah bekerja dengan sangat baik. Kami setuju jika tim kecil tersebut bisa ditransformasi menjadi sekretariat perubahan," katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengajak Partai NasDem dan PKS untuk membentuk Sekretariat Perubahan sebagai bentuk keseriusan Koalisi Perubahan.

Menurut AHY, ketiga partai memiliki kesamaan pandangan bahwa bakal calon presiden yang akan mereka usung adalah mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Ini bagian dari ikhtiar bersama untuk menjemput takdir. Insya Allah ini akan menjadi game changer. Sehingga koalisi Demokrat, PKS, dan NasDem, serta bacapres dan bacawapres yang diusungnya, bisa mengemban amanah rakyat dengan sebaik-baiknya,” kata AHY dalam siaran pers, Kamis, 26 Januari. 

 

NasDem Minta Doa Koalisi Perubahan Punya Sekber

Sementara, Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali, menegaskan hubungan partainya dengan PKS dan Demokrat masih baik-baik saja. Hal itu dikatakannya saat mengunjungi Kantor Sekber Koalisi Gerindra-PKB di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 26 Januari. 

Ali mengaku sudah memprediksi kunjungannya ke Sekber Koalisi Gerindra-PKB ini akan memunculkan pertanyaan terkait nasib Koalisi Perubahan yang tengah dimatangkan NasDem, PKS dan Demokrat. 

"Kita berkunjung ke sini pasti banyak pertanyaan, terus bagaimana dengan NasDem, PKS, Demokrat? Kita berjalan baik-baik saja, sedang dalam komunikasi," ujar Ali. 

Ali pun berharap NasDem, PKS dan Demokrat juga bisa segera memiliki sekretariat bersama seperti Gerindra dan PKB.

"Doakan juga seperti Gerindra dan PKB segera untuk membuat sekretariat bersama, ini yang kamu tunggu-tunggu kan," kata Ali.