Moeldoko Ajak Anak Muda Nobar Film Sayap-Sayap Patah
Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko Nobar Film Sayap - Sayap Patah bersama anak muda Kantor Staf Presiden, dan Produser Eksekutif Film Sayap-Sayap Patah Denny Siregar, di Jakarta, Rabu 31 Agustus. (Foto KSP)

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko mentraktir anak-anak muda Kantor Staf Presiden nonton film Sayap-Sayap Patah, di Metropole XXI, komplek Megaria, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu 31 Agustus. Pada kesempatan itu, Moeldoko ditemani oleh Produser Eksekutif film Sayap-Sayap Patah Denny Siregar.

Film besutan Rudi Soedjarwo ini mengangkat kisah nyata peristiwa kerusuhan di Rutan Mako Brimob Kelapa Dua Depok, pada 8 Mei 2018.

Saat itu, para narapidana kasus terorisme melakukan perlawanan dan menyandera 5 petugas Densus 88 yang bertugas. Akibat kerusuhan yang terjadi, 5 anggota Densus 88 meninggal dunia.

Usai nobar (nonton bareng) film berdurasi 109 menit itu, Moeldoko mengaku mentraktir anak-anak muda KSP, untuk memberikan pelajaran tentang memaknai sebuah peristiwa. Terlebih, selama ini pekerjaan anak-anak muda KSP bersinggungan erat dengan pengambilan keputusan..

"Film ini mengangkat sebuah peristiwa yang diangkat dari kisah nyata. Dengan belajar memaknai peristiwa, mereka akan mendapat input untuk bisa merumuskan kebijakan. Apalagi selama ini pekerjaan mereka berdekatan dengan pengambilan keputusan," kata Moeldoko.

Moeldoko bersama Denny Siregar di sebelum film diputar. (Foto KSP)
Moeldoko bersama Denny Siregar di sebelum film diputar. (Foto KSP)

Panglima TNI 2013-2015 ini juga menyebut, film yang memotret salah satu anggota Densus 88 yang meninggal di saat sang istri hamil anak pertamanya, telah mengingatkan dirinya saat menjadi Komandan Lapangan dalam operasi militer di Timor-Timur.

"Saat itu tiga anggota saya meninggal. Dan Sepulang dari operasi di Timor-Timur, saya menghadapai situasi yang sulit saat bertemu Istri. Sama dengan adegan di film tadi. Itu situasi yang sangat sulit," kenangnya.

Moeldoko menilai, film Sayap-Sayap Patah bisa menjadi media sosialisasi dan edukasi bagi masyarakat terutama anak-anak muda, untuk peduli terhadap sebuah peristiwa yang menyangkut soal kemanusiaan.

"Siapa pun yang melihat peristiwa yang menyangkut persoalan kemanusiaan, harus bisa memaknai peristiwa itu. Ini pelajaran dari film ini," pungkasnya.

Film Sayap Sayap Patah yang sudah tayang sejak 18 Agustus 2021 itu, kini telah mengantongi lebih dari 1 juta penonton. Film yang dibintangi oleh Nicholas Saputra dan Ariel Tatum ini sukses membuat penonton terharu. Dari jumlah itu salah satunya adalah Dr. Moeldoko.