Setujui Naturalisasi Pemain Bola Sandy Walsh dan Jordi Amat, DPR: Jangan Dituduh Kita Mengganjal
FOTO: ANTARA/Michael Siahaan

Bagikan:

JAKARTA - Komisi III DPR menyetujui naturalisasi dua pemain sepak bola, yakni Sandy Walsh dan Jordi Amat dalam rapat bersama Menpora, PSSI, dan Wakil Menkum HAM.

Sandy Walsh merupakan pemain sepak bola asal Belanda keturunan Indonesia yang bermain untuk klub Belgia, KV Mechelen. 

Sementara, Jordi Amat merupakan pemain sepak bola berkebangsaan Spanyol yang saat ini bermain untuk tim Malaysia, Johor Darul Ta'zim. 

Ketua Komisi III DPR Bambang Wuryanto atau akrab disapa Bambang Pacul, menjelaskan pengambilan keputusan DPR untuk menyetujui naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh seiring dengan harapan para penggemar sepak bola di Tanah Air.

"Karena para pesepakbola, penggemar sepak bola Republik Indonesia menunggu, jadi Komisi III setuju dengan naturalisasi dua kawan kita, Sandy dan Jordi. Yang satu pemain dari Spanyol, yang satu Belanda. Yang dari Belanda itu neneknya orang Makassar," ujar Bambang Pacul di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin, 29 Agustus. 

Politikus PDIP itu menegaskan, tidak ada upaya untuk mempersulit proses naturalisasi kedua pemain sepak bola itu. Sebab kata dia, proses naturalisasi juga ada aturannya sendiri. 

Kebetulan, kata Bambang, hari ini semua anggota Komisi III DPR sepakat untuk menyetujui proses naturalisasi Sandy dan Jordi Amat.

"Ya kita setuju. Komisi III setuju supaya masyarakat sepak bola Republik Indonesia mengetahui ini. Nanti dikira Komisi III dituduh mengganjal, kalau mengganjal pun ada aturan mainnya, ya. Ini kebetulan semua setuju," kata Bambang.