Kabar Gembira untuk Shin Tae-yong, Rapat Paripurna DPR Setuju Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh
Jordi Amat (kanan) dan Sandy Walsh (kiri) menjalani latihan pertama bersama timnas Indonesia di Bandung, Jumat 27 Mei).(dok PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mungkin bisa semakin yakin menatap Piala AFF 2023. Permohonan Naturalisasi Jordi Amat Maas dan Sandy Harry Walsh disetujui dalam Rapat Paripurna DPR RI ke-5 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2022–2023.

Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) Lodewijk F. Paulus yang memimpin Rapat Paripurna membacakan putusan tersebut setelah sebelumnya menanyakan persetujuan, yang kemudian dijawab ‘setuju’ oleh seluruh peserta Rapat Paripurna.

"Sesuai hasil pembahasan Komisi III dan Komisi X DPR RI yang memutuskan menyetujui Pemberian Pertimbangan Kewarganegaraan Republik Indonesia kepada saudara Jordi Amat Maas dan Sandy Harry Walsh, sehubungan dengan itu kami meminta persetujuan pada rapat paripurna hari ini apakah Permohonan Pemberian Pertimbangan Kewarganegaraan Republik Indonesia atas nama Jordi Amat Maas dan Sandy Harry Walsh dapat disetujui?” tanya Lodewijk dalam Rapat Paripurna di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Selasa 20 September.

Keputusan ini diketahui sesuai dengan hasil Rapat Konsultasi pengganti Rapat Badan Musyawarah (Bamus) antara Pimpinan DPR RI dan Pimpinan Fraksi-Fraksi pada tanggal 19 September 2022 yang menugaskan Komisi III dan Komisi X DPR RI untuk membahas ke-2 surat presiden.

“Berdasarkan Surat Presiden (Surpres) Nomor R26 dan R27 tanggal 17 Juni 2022 perihal Permohonan Pertimbangan Pemberian Kewarganegaraan Republik Indonesia atas nama saudara Jordi Amat Maas dan Sandy Harry Walsh, dan hasil pembahasannya selanjutnya dimintakan persetujuan dalam Rapat Paripurna,” lanjut Lodewijk.

Diketahui, Jordi Amat merupakan keturunan Indonesia yang lahir dan besar di Barcelona, Spanyol. Pemain sepak bola berusia 30 tahun itu mengaku memiliki darah Indonesia dari neneknya. Sandy Walsh lahir di Belgia dari ayah kelahiran Inggris keturunan Irlandia, dan ibunya kelahiran Swiss-Belanda keturunan Indonesia.

Setelah ini berkas dikembalikan kepada Presiden dan DPR merekomendasikan keduanya bisa diberikan status Warga Negara Indonesia (WNI).

Setelah itu, Presiden akan menerbitkan Surat Keputusan Presiden mengenai pemberian WNI kepada Jordi Amat Maas dan Sandy Harry Walsh. Dan tahap terakhir keduanya akan diambil sumpah sebagai WNI oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM).

Hasil undian Piala AFF 2022 telah dirilis, Selasa, 30 Agustus. Timnas Indonesia berada di Grup A bersama Thailand. Skuad Garuda juga tergabung dengan Filipina, Kamboja, dan pemenang kualifikasi Piala AFF 2022, yakni antara Brunei Darussalam dan Timor Leste.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengakui, Thailand adalah lawan terberat di grup ini. Apalagi Negeri Gajah Putih berstatus sebagai juara bertahan Piala AFF.

Shin mengatakan, dirinya akan memilih pemain terbaik yang siap secara mental, kualitas dan juga fisik. Pria asal Korea Selatan itu kemudian berharap, proses naturalisasi Jordi Amat, Sandy Walsh dan Shayne Pattiname bisa segera rampung.

"Kami berharap ketiganya dapat segera bergabung bersama Timnas Indonesia," ujar mantan pelatih timnas Korea Selatan tersebut.

Piala AFF 2022 direncanakan akan dimulai pada 20 Desember 2022 hingga 23 Januari 2023. Pada edisi Piala 2020 sebelumnya, Indonesia meraih runner-up.