Peringatkan Rusia, Presiden Zelensky Sebut Ukraina Siap Membalas Serangan di Hari Kemerdekaan
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (Sumber: President.gov.ua)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memperingatkan Moskow pada Hari Selasa, pihaknya siap membalas serangan yang dilakukan Rusia pada atau sekitar Hari Kemerdekaan Ukraina.

Presiden Zelensky telah memperingatkan, Rusia yang menginvasi Ukraina pada 24 Februari, dapat mencoba 'sesuatu yang sangat buruk' menjelang Hari Kemerdekaan Rabu esok.

Ditanya pada konferensi pers dengan Presiden Polandia Andrzej Duda tentang kemungkinan serangan rudal Rusia di Kyiv, dia mengatakan ada ancaman serangan setiap hari, sementara intelijen Ukraina bekerja sama dengan intelijen asing.

"Rusia melakukan ini sepanjang waktu. Bisakah mereka meningkatkan jumlah serangan ini? Ya, mereka dapat melakukannya pada 23-24 Agustus," ujar Presiden Zelensky, melansir Reuters 23 Agustus.

"Apa yang akan dilakukan Ukraina jika mereka menyerang Kyiv? Sama seperti sekarang. Karena bagi saya sebagai presiden dan untuk setiap Ukraina, Kyiv, Chernihiv, Donbas, semuanya sama. Orang Ukraina tinggal di sana (dan) Kharkiv, Zaporizhzhia," tegasnya.

Dia menambahkan, tanggapannya akan sama untuk setiap kota Ukraina yang diserang dari Rusia.

"(Jika mereka memukul kita, mereka akan menerima respons, respons yang kuat. Saya ingin mengatakan bahwa setiap hari respons ini akan tumbuh, itu akan menjadi lebih kuat dan lebih kuat," pungkasnya.