Presiden Putin Ingin Seluruh Sekolah di Rusia Awali Pekan dengan Upacara Bendera Mulai 1 September
Presiden Rusia Vladimir Putin (SUmber: Kremlin.ru)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Vladimir Putin memuji bendera nasional sebagai simbol suci bagi semua generasi Rusia, menginginkan sekolah di negara itu untuk mengawali pekan dengan upacara bendera dan menyanyikan lagu kebangsaan.

Dalam pidato video pada Hari Bendera Nasional, Senin, Presiden Putin mengatakan bendera nasional Rusia akan selalu menjadi simbol suci bagi rakyat negara itu

"Hari ini, kami memperingati Hari Bendera Nasional. Kami menghormati simbol resmi negara Rusia yang, bersama dengan lambang dan lagu kebangsaannya, mewakili kedaulatan dan kemerdekaannya dan menegaskan kesinambungan antar generasi dari masyarakat multi-etnis kami," kata Presiden Putin seperti melansir TASS 22 Agustus.

"Bendera kami yang dikibarkan di kapal perang pertama Rusia lebih dari tiga abad yang lalu, tetap menjadi simbol Rusia di masa sulit dan menantang dalam sejarahnya, di bawah Peter Agung ketika Kekaisaran Rusia masih terbentuk, di medan perang Perang Dunia I, dan di tengah perubahan dramatis tahun 1990-an yang kontradiktif dan sulit. Pada 22 Agustus 1991, bendera putih, biru dan merah sekali lagi berkibar di atas Rusia," tegas Presiden Putin.

Menurut Presiden Putin, "bendera nasional dan Bendera Merah Kemenangan yang tak pernah pudar menanamkan penghargaan kepada generasi muda atas nilai-nilai patriotisme, kewarganegaraan, dan tanggung jawab untuk masa depan Tanah Air."

Presiden Putin mengatakan, "mulai 1 September tahun ini, semua sekolah di negara itu akan memulai kegiatan belajar setiap minggu dengan upacara pengibaran bendera dan menyanyikan lagu kebangsaan."

"Saya yakin bahwa bendera nasional Rusia akan selalu menjadi simbol suci bagi semua generasi warga negara kita. Ini akan menginspirasi mereka untuk kejayaan militer, pencapaian profesional, dan ketinggian baru dalam sains, budaya, dan olahraga. Ini akan membuat mereka bangga dengan Tanah Air mereka," papar Presiden Putin.

"Rusia adalah kekuatan dunia yang kuat dan mandiri. Di panggung internasional, kami berkomitmen untuk hanya mengejar kebijakan yang memenuhi kepentingan vital Tanah Air kami," lanjutnya.

"Bendera nasional melambangkan keyakinan kami pada nilai-nilai tradisional, bahwa kami tidak akan pernah menyerah untuk kebenaran dan keadilan, solidaritas dan belas kasihan, serta rasa hormat terhadap sejarah Rusia yang tak terputus selama berabad-abad, pencapaian dan kemenangan nenek moyang kami yang menginspirasi untuk peduli dan membela Tanah Air kita, tidak pernah mengizinkan hegemoni atau diktat asing," beber Presiden Putin.

"Keinginan untuk hidup sesuai dengan keinginan kita sendiri, untuk memilih jalan kita sendiri dan mengikutinya, telah menjadi bagian dari kode genetik rakyat kita," tandasnya.

Diketahui, resolusi yang menetapkan bendera Rusia terdiri dari tiga warga, putih, biru langit dan merah cerah diterbitkan pada 22 Agustus 1991.

Pada tahun 1993, warna biru langit diganti menjadi biru dan merah cerah diganti menjadi merah. Adapun Hari Bendera Nasional ditetapkan dengan keputusan presiden pada tahun 1994.