Rusia Luncurkan Kapal Pemecah Es Nuklir, Presiden Putin: Pertegas Status Kekuatan Arktik
Presiden Putin saat peluncuran kapal pemecah es bertenaga nuklir. (Sumber: Kremlin)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Vladimir Putin pada Hari Selasa menggembar-gemborkan kekuatan Arktik Rusia pada upacara pengibaran bendera dan peluncuran dua kapal pemecah es bertenaga nuklir, memastikan navigasi sepanjang tahun di Arktik Barat.

Memimpin upacara peluncuran di St. Petersburg melalui tautan video dari Kremlin, Presiden Putin mengatakan pemecah es semacam itu memiliki kepentingan strategis bagi negara.

"Kedua kapal pemecah es itu dibangun sebagai bagian dari proyek serial besar dan merupakan bagian dari pekerjaan sistematis berskala besar kami untuk memperlengkapi kembali dan melengkapi armada kapal pemecah es domestik, untuk memperkuat status Rusia sebagai kekuatan Arktik yang hebat," kata Presiden Putin, melansir Reuters 22 November.

Arktik mengambil signifikansi strategis yang lebih besar seiring perubahan iklim, karena lapisan es yang menyusut membuka jalur laut baru.

Sementara, sumber daya minyak dan gas yang luas terletak di kawasan Arktik Rusia, termasuk pabrik gas alam cair di Semenanjung Yamal.

Presiden Putin tersenyum saat kapal pemecah es nuklir Yakutia diluncurkan ke perairan di dermaga, berdiri saat lagu kebangsaan Rusia menghiasi pengibaran bendera Rusia di kapal pemecah es Ural yang akan mulai bekerja pada Bulan Desember.

Yakutia 173,3 meter (569 kaki), dengan perpindahan hingga 33.540 ton, dapat menghancurkan es hingga tiga meter. Kapal ini akan memasuki layanan pada tahun 2024.

Dua kapal pemecah es lainnya dalam seri yang sama, Arktika dan Sibir, sudah beroperasi, dan satu lagi, Chukotka, dijadwalkan pada tahun 2026.

Presiden Putin mengatakan, pemecah es nuklir super kuat sepanjang 209 meter yang dikenal sebagai "Rossiya", dengan perpindahan hingga 71.380 ton, akan selesai pada tahun 2027. Ia akan mampu menembus es setebal empat meter.

"Mereka dibutuhkan untuk studi dan pengembangan Arktik, untuk memastikan navigasi yang aman dan berkelanjutan di wilayah ini, untuk meningkatkan lalu lintas di sepanjang Rute Laut Utara," terang Presiden Putin.

"Pengembangan koridor transportasi yang paling penting ini akan memungkinkan Rusia untuk lebih membuka potensi ekspornya dan membangun rute logistik yang efisien, termasuk ke Asia Tenggara," tandasnya.

Presiden Putin yang berkuasa pada tahun 1999, telah memperkuat kehadiran Rusia di Kutub Utara, di mana Rusia memiliki lebih dari 24.000 km (15.000 mil) garis pantai yang membentang dari Laut Barents ke Laut Okhotsk.

Sejak 2005, Rusia telah membuka kembali puluhan pangkalan militer era Soviet Arktik, memodernisasi angkatan lautnya dan mengembangkan rudal hipersonik baru yang dirancang untuk menghindari sensor dan pertahanan AS.

Pakar Arktik mengatakan, Barat membutuhkan setidaknya 10 tahun untuk mengejar militer Rusia di wilayah tersebut, jika mereka memilih untuk melakukannya.