Gerebek Biara Kyiv, Dinas Keamanan Ukraina: Lawan Kegiatan Layanan Khusus Rusia
Ilustrasi penangkapan oleh SBU Ukraina. (Wikimedia Commons/Security Service of Ukraine)

Bagikan:

JAKARTA - Dinas keamanan (SBU) dan polisi Ukraina menggerebek sebuah biara Kristen Ortodoks berusia 1.000 tahun di Kyiv pada Selasa pagi, sebagai bagian dari operasi untuk melawan dugaan "kegiatan subversif oleh dinas khusus Rusia".

Kompleks Kyiv Pechersk Lavra atau Kyiv Monastery of the Caves, adalah harta budaya Ukraina dan markas besar sayap Gereja Ortodoks Ukraina yang didukung Rusia, berada di bawah Patriarkat Moskow.

Gereja Ortodoks Rusia, yang pemimpinnya Patriarch Kirill sangat mendukung tindakan militer Moskow di Ukraina, mengutuk serangan Selasa itu sebagai "tindakan intimidasi".

Layanan Keamanan Ukraina (SBU) mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Langkah-langkah ini diambil sebagai bagian dari pekerjaan sistemik SBU, untuk melawan kegiatan destruktif dari layanan khusus Rusia di Ukraina," melansir Reuters 22 November.

Dikatakan pencarian itu bertujuan untuk mencegah penggunaan biara gua sebagai "pusat dunia Rusia" dan dilakukan untuk menyelidiki kecurigaan "tentang penggunaan tempat untuk melindungi kelompok sabotase dan pengintaian, warga negara asing, penyimpanan senjata".

Konsep "dunia Rusia" adalah inti dari doktrin kebijakan luar negeri baru Presiden Vladimir Putin, bertujuan untuk melindungi bahasa, budaya dan agama Rusia.

Ini telah digunakan oleh para ideolog konservatif untuk membenarkan intervensi di luar negeri. Kendati demikian, pihak SBU tidak menyebutkan hasil penggerebekan Selasa itu.

Di hari yang sama, SBU, polisi dan Garda Nasional juga menggeledah dua biara lain dan markas besar Keuskupan Patriarkat Moskow di Ukraina barat, kata cabang SBU di wilayah Rivne dalam pernyataan yang diunggah di Facebook.

Penggerebekan itu akan semakin memperburuk hubungan yang sudah sangat tegang antara orang Kristen Ortodoks Rusia dan Ukraina.

"Seperti banyak kasus penganiayaan lainnya terhadap orang percaya di Ukraina sejak 2014, tindakan intimidasi terhadap orang percaya ini hampir pasti tidak diperhatikan oleh mereka yang menyebut diri mereka komunitas hak asasi manusia internasional," terang Vladimir Legoida, juru bicara Gereja Ortodoks Rusia.

Jumat lalu, SBU mengatakan telah mendakwa seorang pendeta senior dari wilayah Vinnytsia barat, terkait dengan upaya membagikan selebaran yang membenarkan invasi Rusia ke Ukraina.

Sedangkan pada Bulan Mei, Gereja Ortodoks Ukraina dari Patriarkat Moskow mengakhiri hubungannya dengan Gereja Rusia atas dukungan yang terakhir untuk apa yang disebut Moskow sebagai "operasi militer khusus". Ukraina mengatakan invasi skala penuh memulai perang agresi tanpa alasan.

Sebuah survei tahun 2020 oleh Pusat Razumkov yang berbasis di Kyiv mengumumkan, 34 persen orang Ukraina diidentifikasi sebagai anggota Gereja Ortodoks utama Ukraina, sementara 14 persen adalah anggota Gereja Patriarkat Moskow Ukraina.

Pada tahun 2019, Ukraina diberi izin oleh pemimpin spiritual Kristen Ortodoks di seluruh dunia, untuk membentuk sebuah gereja independen dari Moskow, yang sebagian besar mengakhiri ikatan agama antara kedua negara selama berabad-abad.