Presiden Putin Bakal Jadi Tuan Rumah 'Upacara' Pencaplokan Wilayah Ukraina  di Aula Istana Grand Kremlin
Presiden Vladimir Putin bersama Menteri Pertahanan Sergei Shoigu. (Sumber: Kremlin.ru)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Rusia Vladimir Putin pada Hari Kamis menandatangani dekrit yang membuka jalan bagi wilayah Ukraina yang diduduki Kherson dan Zaporizhzhia untuk secara resmi dianeksasi ke Rusia, dengan 'upacara' aneksasi akan digelar di Istana Grand Kremlin hari ini.

Keputusan tersebut, yang diumumkan oleh Kremlin, mengatakan Presiden Putin telah mengakui kedua wilayah tersebut sebagai wilayah independen.

Ini adalah langkah perantara yang diperlukan sebelum Putin dapat melanjutkan rencana untuk mengumumkan pada hari Jumat bahwa wilayah tersebut adalah bagian dari Rusia, dilansir dari Reuters 30 September.

Selain Kherson dan Zaporizhzhia, wilayah Donetsk dan Lugansk yang akan 'bergabung' sudah terlebih dahulu diakui sebagai wilayah independen, tepatnya sesaat sebelum invasi Rusia ke Ukraina Februari lalu.

Hari ini, Presiden Rusia Vladimir Putin akan menjadi tuan rumah upacara Kremlin yang 'meresmikan' pencaplokan empat wilayah Ukraina.

Upacara yang direncanakan akan digelar di Aula Georgievsky di Istana Grand Kremlin. Sementara, akan ada konser di Lapangan Merah.

Pada acara hari Jumat, Putin akan memberikan pidato, bertemu dengan para pemimpin Republik Rakyat Donetsk (DNR) yang didukung Rusia dan Republik Rakyat Lugansk (LNR) serta para pemimpin bagian Kherson dan Zaporizhzhia yang diangkat Rusia. pasukan menduduki.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov tidak mengatakan apakah Presiden Putin akan menghadiri konser Lapangan Merah. Sebelumnya, ia hadir dalam acara serupa pada tahun 2014, setelah Rusia menyatakan telah mencaplok wilayah Krimea Ukraina.

Sebuah panggung telah didirikan di alun-alun Moskow dengan layar video raksasa dan papan reklame yang menyatakan empat wilayah bagian dari Rusia.