Cerita Ronny Talapessy yang Kini Ditunjuk Keluarga Jadi Pengacara Terbaru Bharada E
Bharada Richard Eliezer atau Bharada E (kiri) /DOK ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E kini punya kuasa hukum yang baru. Namanya Ronny Talapessy yang kini jadi pengacara ketiga Bharada E selama kasus tewasnya Brigadir J di rumah Irjen Fredy Sambo.

Kepada VOI yang menghubunginya, Ronny B Talapessy cerita bagaimana sampai akhirnya dia bisa dipilih menjadi kuasa hukum Bharada E menggantikan Deolipa Yumara dan Burhanuddin.

Pihak keluarga Bharada E menghubungi Ronny B Talapessy pada 10 Agustus lalu untuk meminta menjadi kuasa hukumnya. Dan tugas pertama Ronny B Talapessy sudah dimulai sejak 11 Agustus kemarin.

"Setelah dari pihak keluarga diskusi, atas dasar simpati saya siap membantu jadi lawyer. Tanggal 11 Agustus kemarin saya sudah melakukan pendampingan," kata Ronny, Jumat 12 Agustus.

Ronny menjelaskan kondisi terkini Bharada E. Dia memastikan hak-hak Bharada E terjamin selama berada di dalam tahanan Bareskrim Mabes Polri. Keamanan Bharada E juga terjamin dan tidak ada intimidasi.

"Terima kasih kepada Kapolri yang sudah menjamin hak-hak dari Bharada E. Keamanan semua terjamin dan tidak ada yang namanya intimidasi," lanjut dia.

Namun Ronny tidak mengetahui kondisi sel Bharada E. Termasuk apakah kliennya itu ditempatkan sendiri atau tidak.

Beda kuasa hukum beda juga strategi penyelesaian. Ronny B Talapessy mengaku sedang merancang berbagai strategi supaya Bharada E bisa mendapatkan keadilan. Dan itu semua akan dilakukan di persidangan.

"Sekarang tim kuasa hukum sedang menyusun nama-nama yang akan dijadikan saksi meringankan dan ahli," bebernya.

"Dalam kepentingan pembelaan klien, tentunya kami harus atur strategi nanti di pengadilan," lanjutnya.

"Tidak usah khawatir, kami akan memperjuangkan beliau mendapatkan keadilan," sambung dia lagi sambil menambahkan kalau upaya Justice Collaborator belum menjadi fokus perhatiannya.