Kebakaran di Klandasan Ulu Kaltim, 64 Orang Korban Dievakuasi, Termasuk 5 Balita
Ilustrasi. Petugas memadamkan kebakaran lahan di Ogan Ilir, Sumsel, pada Agustus 2019. (Antara-Nova W)

Bagikan:

KALTIM - Tim SAR gabungan mengevakuasi korban kebakaran di Kelurahan Klandasan Ulu, Balikpapan Kota, Kalimantan Timur (Kaltim). Evakuasi dilakukan ke tenda-tenda Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan di halaman Masjid At Taqwa.

“Di situ kita tampung 30 keluarga atau seluruhnya 64 jiwa,” kata Pelaksana Tugas Lurah Klandasan Ulu, Djogeh Harmana, dikutip dari Antara, Kamis 11 Agustus.

Mereka terdiri 38 laki-laki dan 26 perempuan, termasuk enam orang lanjut usia, lima anak usia di bawah lima tahun (balita) dan sembilan pelajar.

Menurut dia, hal ini untuk memudahkan masyarakat menentukan jenis bantuan yang bisa mereka berikan agar bisa dimanfaatkan maksimal oleh para korban.

"Sebagian besar keluarga-keluarga yang menjadi pengungsi tersebut adalah para penghuni rumah-rumah indekos atau petak sewaan," tuturnya.

Ia menyebut, hingga saat ini para pengungsi sudah cukup mendapat sumbangan pakaian. “Bantuan masyarakat sekarang kami harapkan lebih banyak dalam bentuk makanan atau uang tunai,” kata Plt Lurah Djogeh.

Tempat pengungsian di halaman masjid itu juga memudahkan pengungsi mendapatkan air bersih dan keperluan mandi, cuci dan kakus karena sudah tersedia toilet dan kamar mandi masjid.

Selain mendirikan tenda untuk pengungsian, Pemkot Balikpapan juga mendirikan tenda untuk pos bantuan pengungsi.

Kebakaran terjadi pada Selasa 9 Agustus siang. Saat ini polisi masih menyelidiki asal api dan masih mengolah tempat kejadian perkara (TKP).