9.684 Nakes Jadi Target Vaksinasi <i>Booster</i> Dosis Kedua di Cirebon
Ilustrasi vaksin COVID-19 untuk booster. (Antaranews)

Bagikan:

JABAR - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat (Jabar), mendata terdapat 9.684 tenaga kesehatan (nakes) menjadi sasaran vaksinasi COVID-19 penguat atau booster dosis kedua, karena sudah memenuhi persyaratan.

"Nakes yang sudah memenuhi persyaratan ada 9.684 orang," kata Sub Koordinator Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Dendi Hamdi di Cirebon, dikutip dari Antara, Kamis 4 Agustus.

Menurutnya vaksinasi booster dosis kedua diberikan kepada nakes yang sudah memenuhi persyaratan, terutama mereka telah mendapatkan vaksin dosis ketiga.

Sehingga, dari target sasaran lanjut Dendi, terdapat 9.684 yang telah mendapatkan vaksinasi penguat, dan merekalah menjadi penerimanya.

Dendi mengatakan saat ini, pihaknya masih menunggu vaksin dari Provinsi, karena memang harus sesuai dengan apa yang ditentukan oleh Kemenkes.

"Kami masih menunggu ketersediaan vaksinnya, karena pemberiannya pun hanya setengah dosis," tuturnya.

Dendi menambahkan dari data yang jumlah nakes telah mengikuti vaksinasi dosis pertama berjumlah 10.331 orang, sedangkan dosis kedua terdapat 10.245 nakes, dari sasaran awal 7.294 orang.

Ia menjelaskan vaksinasi booster dosis kedua ini upaya untuk menjaga tenaga kesehatan dari COVID-19 yang sampai saat ini masih belum mereda.

Bahkan di Kabupaten Cirebon, kasus kembali menunjukkan peningkatan, di mana ada 65 orang menjalani isolasi baik di rumah sakit maupun mandiri.

"Untuk yang di rumah sakit ada 30 orang, dan 35 lainnya isolasi di rumah," tuturnya.

Dendi mengimbau kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan, serta segera melakukan vaksinasi penguat.