Nama Atta Halilintar, Rizky Billar dan Rizky Febian Disebut Dalam Sidang Kasus Terdakwa Investasi Bodong Doni Salmanan
JPU membacakan dakwaan terhadap terdakwa kasus penipuan investasi bodong Dony Salaman di Pengadilan Bale Bandung, Jawa Barat, Kamis 4 Agustus. (ANTARA-Bagus Rizaldi)

Bagikan:

JAKARTA - Jaksa penuntut menyebut Muhammad Attaimi atau Atta Halilintar, Muhammad Rizki atau Rizky Billar dan Rizky Febian sempat menerima uang dan barang pemberian dari terdakwa kasus penipuan investasi bodong Quotex, Doni Salmanan.

Selain ketiganya, dua lagi nama pesohor juga disebut jaksa. Keduanya yaitu Awwalur Rizqi Al-Firori atau Alffy Rev dan Reza Arap.

"Terdakwa juga pernah memberikan sejumlah uang kepada kalangan artis tanah air dan pihak lain," kata tim jaksa penuntut yang diketuai Romlah di Pengadilan Bale Bandung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dikutip dari Antara, Kamis 4 Agustus.

Ia menjelaskan, Salaman sempat memberikan uang sebesar Rp400 juta kepada Febian pada September 2021. Uang itu, menurut jaksa, untuk pembelian atas kegiatan lelang minuman yang hasil lelangnya digunakan untuk kegiatan donasi.

Kemudian Arap juga sempat menerima uang pemberian Salmanan sebesar Rp1 miliar. Uang itu, kata jaksa, diberikan pada Juli 2021 ketika Salmanan menonton siaran langsung dia ketika bermain permainan daring.

Lalu Billar juga sempat menerima uang sebesar Rp10 juta pada Agustus 2021 dari Salmanan. Uang itu diberikan ketika Billar melangsungkan resepsi pernikahan di Jakarta Selatan.

Selain itu, Rev juga sempat menerima uang sebesar Rp497.811.000 dari transaksi yang dilakukan sebanyak empat kali untuk pendanaan proyek.

Dan yang kelima, Halilintar yang sempat mendapatkan satu tas pria bermerek Cristian Dior dari Salmanan pada November 2021.

Adapun pada saat penyidikan kasus Salmanan di Bareskrim Polri, sejumlah pesohor itu sempat menjadi saksi dan telah menyerahkan uang dan barang yang diterima dari Salmanan itu kepada polisi.

Salmanan didakwa mendapatkan uang sebesar Rp40 miliar atau rata-rata sebesar Rp3 miliar perbulan dari keuntungannya sebagai affiliator Quotex.

Jaksa pun menjelaskan Quotex merupakan satu aplikasi opsi biner yang kegiatan transaksinya bukanlah investasi, melainkan merupakan aplikasi yang menggunakan produk keuangan dan mekanisme transaksinya mirip dengan perjudian.