Politikus PSI Surya Tjandra Dukung Anies Jadi Capres 2024: Dia Bisa Kerja
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/DOK VOI - Wardhany Tsa Tsia

Bagikan:

JAKARTA - Politikus PSI Surya Tjandra menyatakan secara terbuka dirinya mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden pada Pemilu 2024.

Mantan Wakil Menteri ATR/BPN ini menjelaskan, dirinya mendukung Anies karena melihat kinerja Anies cukup bagus selama memimpin Jakarta. Hal ini ia lihat selama menjabat sebagai wakil menteri.

"Memang saya melihat Pak Anies bisa kerja. Pak Anies cukup menonjol dari sisi kerjanya, paling tidak dari sisi agraria dan tata ruang yang saya jalankan," kata Surya saat dihubungi, Jumat, 29 Juli.

Surya mencontohkan, kerja Anies yang tampak pada bidang pertanahan adalah mengeksekusi program Presiden Joko Widodo yakni Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL). Bahkan, Anies menghibahkan APBD sebesar Rp80 miliar kepada Kantor Wilayah BPN DKI Jakarta.

"Yang menarik, Pak Anies menghibahkan Rp80 miliar untuk melaksanakan itu kepada BPN Kanwil DKI dan memang istimewanya DKI anggarannya besar. Ini saya kira pntng karena kalau bisa dieskalasi secara nasional, luar biasa itu," urai Surya.

"Ini juga yang saya lihat beliau bekerja. Enggak pakai ini karyanya siapa atau lawan politik," lanjutnya.

Surya Tjandra sadar sikap politiknya berbanding terbalik dengan partainya sendiri yang sudah menyatakan tidak akan mendukung Anies dalam kontestasi politik 2024 nanti. Namun, ia merasa keputusan tersebut merupakan hak individunya.

"Ini pilihan sendiri dan saya kira penting untuk melihat capres tidak cuma sentimen tapi fakta bagaimana mereka bekerja dan sejauh ini supaya ada kombinasi yang pas," tutur Surya.

Surya Tjandra mengaku dirinya masih tetap ingin menjadi kader partai yang dipimpin oleh Giring Ganesha tersebut. Soal perbedaan sikap politik, ia menyerahkan sepenuhnya kepada Dewan Pimpinan Partai PSI.

"Posisi saya sekarang, saya serahkan saja kepada DPP, lah. Apapun keputusannya saya akan hormati dan berharap yang terbaik. Ini akan mendewasakan kita semua," imbuhnya.