Daftar Politikus yang Keluar dari PSI Sebelum Rian Ernest
Daftar Politikus yang Keluar dari PSI (Instagram @rianernest)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Politikus muda Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Rian Ernest memilih mundur dari keanggotaan partai pimpinan Giring Ganesha itu. Giring bahkan angkat bicara terkait mundurnya Rian. Giring mengatakan sebagian kader memang telah keluar dari PSI. Bagi dirinya, hal itu umum dalam dunia politik. Berikut daftar politikus yang keluar dari PSI.

" terutama yaitu mereka dapat melakukan segala ilmu PSI yang sudah mereka peroleh," ujar Giring dikutip dari tvOnenews, Kamis, 15 Desember 2022.

Ia yakin keluarnya Rian dari PSI tidak akan memberi pengaruh partainya di masa akan datang terlebih pada Pemilu 2024. Dia mengklaim PSI punya ratusan kader-kader muda yang sudah mengenyam sekolah politik. 

"Kami optimis dan benar-benar yakin di 2024 nanti. Telah kami siapkan kader-kader yang mempunyai integritas, anti korupsi, anti intoleransi," ujar Giring. 

Bahkan, ia menyebut kader PSI juga disiapkan untuk rakyat dan punya kecakapan terbaik untuk perjuangkan PSI.

"Perlu dicatat, kami akan besar dengan mereka semua," ucap Giring. 

Daftar Politikus yang Keluar dari PSI Sebelum Rian Ernest 

Tsamara Amany

Tsamara Amany Alatas (lahir 24 Juni 1996) merupakan seorang politikus perempuan berkebangsaan Indonesia dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang menjabat Ketua DPP PSI (PSI) selama 2017-2022. Jelang Pemilu 2019, dia bertugas sebagai juru bicara pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, Joko Widodo-KH. Maruf Amin. Sesudah Pemilu 2019, Tsamara menetapkan untuk melanjutkan studi S2 di Amerika Serikat. Pada April 2022, Tsamara mengumumkan keluar dari PSI sebab mau konsentrasi kepada isu - isu perempuan.

Surya Tjandra

Surya Tjandra mengaku sudah meninggalkan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Surya mengatakan mensupport dan membantu mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan maju jadi calon presiden pada 2024 hingga tuntas.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencopot Surya dari posisinya sebagai Wamen ATR/BPN pada 15 Juni 2022 kemudian. Ia digantikan oleh rekan separtai yang juga Sekretaris Dewan Pembina PSI, Raja Juli Antoni.

Michael Sianipar 

Michael Sianipar tidak menutup diri untuk bergabung dengan partai lain berakhir hengkang dari PSI. Tetapi, ia menekankan partai berikutnya mesti memberi ruang terbuka bagi generasi muda.

Sontak membuat Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie heran dengan mantan Ketua DPW PSI DKI Jakarta Michael Victor Sianipar yang menyebut PSI telah berubah dan memilik permasalahan sistemik. Michael Sianipar menerangkan maksud PSI berubah dan punya persoalan sistemik.

Rian Pamit Via Medsos

Sebelumnya, Rian Ernest memberi tahu informasi mengagetkan bahwa dirinya mundur dari PSI. Pernyataan Rian pamit dari PSI dengan men-upload video yang di akun media sosialnya seperti di Facebook dan Instagram. 

"Saya mengambil keputusan yang berat, tetapi perlu Saya lakukan. Lewat video ini Saya memilih pengunduran diri saya dari PSI. Meskipun berat, saya meyakini ini merupakan keputusan yang benar untuk langkah politik saya ke depannya," ujar Rian dalam video itu.

Rian mengucapkan terima kasih atas dukungan, kritik atas perjalanan politiknya selama empat tahun ke belakang. Ia menyebut PSI sebagai "rumah semacam itu hangat dan nyaman selama empat tahun ini”. 

Meskipun mundur dari PSI, dia mengaku konsisten bersepakat dan akan perjuangkan aspirasi dan mencerdaskan rakyat tak akan stop.  

"Sebab besarnya potensi Indonesia perlu sistem-sistem berpolitik yang lebih bagus. Sebab itu, Saya Rian Ernest akan konsisten di trek politik. saya akan terus memerlukan bantuan anda untuk menjadi politisi yang lebih bagus dan berguna," katanya. 

Jadi setelah mengetahui daftar politikus yang keluar dari PSI, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!