Usia Tak jadi Penghalang! Sudah Tempuh 1.200 Km Bandung-Bali, 4 Pesepeda Usia 60 Tahun Ini Lanjut Keliling Lombok
Ilustrasi- Bersepeda. (Pixabay)

Bagikan:

MATARAM - Empat pesepeda berusia 60-an tahun asal Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, yang sukses menempuh perjalanan sejauh 1.200 km dari Bandung ke Bali pada Agustus 2021 akan mengelilingi Pulau Lombok di Provinsi Nusa Tenggara Barat pada Agustus 2022.

Ronald Agusta (60), Asep Saefudin (60), Hendriyantara (60), dan Rachmat Bozo (67) berencana bersepeda mengelilingi Pulau Lombok dari 10 sampai 14 Agustus 2022 sambil mempopulerkan ornamen khas Sasambo.

"Jika dengan perjalanan dari Bandung menggunakan kereta api ke Surabaya, Jawa Timur, dan menyeberang dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya sampai Pelabuhan Lembar, Lombok, waktunya dari 8 Agustus sampai 16 Agustus 2022," kata Ronald Agusta dilansir dari Antara di Kota Mataram, Jumat, 29 Juli. 

Ronald dan tiga kawannya berencana bersepeda mengelilingi Pulau Lombok dalam lima etape, etape 1 dari Pelabuhan Lembar ke Kuta Mandalika (48 km), etape 2 dari Kuta Mandalika ke Suela (74 km), etape 3 dari Suela ke Senaru (53 km), etape 4 dari Senaru ke Mataram (84 km), serta etape 5 dari Mataram ke Lembar (21 km).

Mereka akan mengenakan jersey dengan ornamen Sasambo selama bersepeda mengelilingi Pulau Lombok. Sasambo merupakan akronim dari nama tiga suku besar yang ada di Nusa Tenggara Barat, yakni Sasak, Samawa, Mbojo.

Ornamen Sasambo, yang sering digunakan dalam motif kain batik dan tenun, meliputi gambar rumah panggung, lumbung, kelotok sapi, tokek, gerabah, mutiara, daun pepaya, dan kangkung.